Cara Simpan Jeruk agar Tidak Kering Sampai 3 Minggu

Kompas.com - 19/11/2020, 22:02 WIB
Ilustrasi jeruk dan lemon dalam kantong. SHUTTERSTOCK/EKATERINALETOIlustrasi jeruk dan lemon dalam kantong.

KOMPAS.com - Beragam jenis jeruk biasanya awet disimpan di suhu ruang untuk 3-4 hari, paling lama satu minggu. Setelahnya, mulai kering dan keras jadi tidak bisa digunakan.

Berdasarkan Real Simple, cara memilih jeruk yang baik adalah lihat kulitnya. Hindari jeruk yang kulitnya ada bagian berwarna kecoklatan atau goresan.

Memilih jeruk matang cukup mudah karena jeruk yang dijual di swalayan biasanya sudah dalam keadaan matang.

Apabila kamu terbiasa mempunyai stok jeruk misalnya jeruk nipis, lemon, maupun jeruk orange sebaiknya simpan dalam kulkas supaya tetap segar dalam waktu lebih lama.

Baca juga: Cara Bikin Campuran Teh dengan Kulit Jeruk Sisa, Kreasi Rasa Teh

Ilustrasi jeruk disimpan dalam kulkas. SHUTTERSTOCK/DRAGON IMAGES Ilustrasi jeruk disimpan dalam kulkas.

Masukkan ke dalam plastik tertutup

Berbagai jeruk bisa disimpan langsung dalam bagian sayuran di kulkas. Namun, lebih baik lagi kalau dimasukkan dulu ke dalam kantong plastik tertutup.

Setelah itu, baru simpan dalam bagian sayuran di kulkas. Masa simpannya bisa sampai 1 bulan, seperti dikutip dari The Kitchn.

Walaupun tahan cukup lama, ada baiknya secara rutin mengecek lemon dalam kulkas setelah masa simpan 2-3 minggu. Mungkin saja mengeras karena terpapar udara kulkas.

Ilustrasi lemon diawetkan di dalam stoples kaca. SHUTTERSTOCK/DARIA MLADENOVIC Ilustrasi lemon diawetkan di dalam stoples kaca.

Bekukan jeruk

Menurut Livestrong.com, cara lain supaya jeruk tahan lebih lama adalah dengan membekukannya. Terdapat dua teknik pembekukan, menggunakan gula atau perasan air jeruk maupun tanpa keduanya.

Teknik pertama ini cocok untuk jeruk orange maupun lemon. Siapkan stoples kaca bertutup. Cuci bersih dan potong jeruk menjadi 2 bagian atau lebih.

Baca juga: Cara Membuat Lemon Madu Hangat, Lancarkan Pencernaan Usai Makan Besar

Tambahkan simple syrup alias gula cair atau air perasan jeruk. Pastikan jeruk terendam. Sisakan ruang antara jeruk dengan tutup stoples karena bisa saja jeruk mengembang saat membeku.

Teknik kedua, membekukan jeruk tanpa tambahan apa pun. Cukup cuci dan potong jeruk menjadi 2 bagian atau lebih. Masukkan ke dalam stoples kaca. Tutup dan simpan dalam freezer.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X