Cara Membuat Kaldu Kepala dan Tulang Ikan, Bekukan dalam Stoples

Kompas.com - 17/11/2020, 20:47 WIB
Ilustrasi kaldu dari kepala dan tulang ikan. SHUTTERSTOCK FROM MY POINT OF VIEWIlustrasi kaldu dari kepala dan tulang ikan.

KOMPAS.com - Saat masak ikan, jangan buang sisa kepala dan tulangnya karena bisa kamu pakai sebagai bahan utama membuat kaldu ikan. Tulang dan kepala ikan kemudian rebus dengan berbagai bahan dapur.

Baca juga: Cara Bikin Kaldu Kuah Tom Yum dari Kulit Udang Sisa

Melansir Bon Appétit Magazine, berikut resep untuk membuat kaldu tulang dan kepala ikan.

Resep kaldu ikan

Bahan :

  • 1 kilogram kepala ikan ditambah dengan tulang dan sirip ikan
  • 1 bawang bombai besar, iris tipis
  • 1 daun bawang besar, ambil bagian putih dan bagain hijau pucat saja, iris tipis
  • 1 daun salam
  • 1 tangkai peterseli
  • 1 tangkai thyme (opsional)
  • 3 butir merica utuh

Ilustrasi ikan salmon di pasarShutterstock Ilustrasi ikan salmon di pasar

Cara membuat kaldu ikan

1. Bilas tulang ikan hingga bersih dengan air dingin. Masukkan tulang dan kepala ikan dalam panci besar. Tambahkan daun bawang, daun salam, dan lain-lain. Masukkan 10 gelas air dingin.

2. Panaskan dengan api besar, tunggu jangan sampai mendidih. Kecilkan api menjadi rendah dan masak dengan api kecil.

3. Angkat semua busa yang naik ke permukaan. Masak sampai rasa menyatu selama 20-30 menit. Saring kaldu menggunakan saringan yang dilapisi dengan kain katun tipis ke dalam wadah. Simpan dalam stoples atau langsung gunakan.

Kaldu bisa bertahan selama 2 bulan ke depan. Sebelum disimpan dalam lemari es, biarkan simpan dalam wadah tertutup rapat atau wadah kedap udara. Tutup dan bekukan.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X