Kompas.com - 17/11/2020, 11:02 WIB
ilustrasi ati ampela Shutterstockilustrasi ati ampela

KOMPAS.com - Hati ampela menjadi salah satu jenis jeroan yang banyak dijadikan bahan olahan makanan, salah satunya untuk Kari Ayam Bihun Medan.

Dengan tekstur yang licin dan bau khas, apakah hati ampela perlu direbus terlebih dulu sebelum dicampur ke komponen masakan lainnya?

Baca juga: Apa itu Blanching? Teknik Masak yang Bisa Hilangkan Bau Jeroan

Chef Andry Stefanus dari The Sultan Hotel & Residences Jakarta mengatakan, hati ampela direbus tergantung jenis makanannya.

"Tergantung masakannya, kalau balado ya harus direbus dulu. Kalau gulai bisa direbus bareng kaldu gulai," ucap Andry kepada Kompas.com, Jumat (13/11/2020).

Kemudian, untuk makanan yang dibuat adalah bacem, maka hati ampela harus dimasak bersama bumbu bacem.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selanjutnya, apabila menu makanannya adalah digoreng, hati ampela harus diungkep terlebih dulu bersama bumbu ungkepnya.

"Kalau dipepes enggak perlu dimasak dulu. Langsung saja dikukus sama bumbu pepes. Intinya ya tergantung masakannya apa dulu," kata dia.

Sementara itu, saat memasak Kari Ayam Bihun Medan dalam sesi #MasakdiRumahAja Instagram @kompas.travel, Kamis (12/11/2020), Andry merebus hati ampela bersama ayam dan kentang di kaldu karinya.

Baca juga: Resep Kari Ayam Bihun Medan, Cocok Disantap Bersama Keluarga

Menurut dia, hati ampela direbus bersama kaldu kari agar rasanya lebih meresap.

"Nah kemarin itu saya rebus bareng semua, biar rasanya menyatu. Kalau direbus dengan air biasa, rasanya akan plain enggak ada rasa kaldu karinya," tuturnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.