Beda Kari Medan dengan Kari Jawa Timur, Terletak pada Bumbu Ini...

Kompas.com - 16/11/2020, 21:12 WIB
Kari Ayam Bihun Medan Dokumentasi The Sultan Hotel JakartaKari Ayam Bihun Medan

KOMPAS.com - Kari menjadi olahan makanan yang cukup terkenal di Indonesia dengan berbagai macam jenis tergantung daerah.

Selain Kari Bihun Ayam Medan yang sebelumnya telah dipraktikkan, ada pula Kari Kepiting Jawa Timur.

Namun yang membedakan Kari Ayam Bihun Medan dengan kari daerah lainnya, adalah pemakaian daun kari dan bubuk kari.

Baca juga: Resep Kari Ayam Bihun Medan, Cocok Disantap Bersama Keluarga

Hal ini diungkapkan oleh Chef Andry Stefanus dari The Sultan Hotel Jakarta & Residences Jakarta saat sesi #MasakdiRumahAja pada live Instagram @kompas.travel, Kamis (12/11/2020).

Ia mengungkapkan, Kari Medan sendiri mempunyai sejarah masa lalu yang dibawa oleh Komunitas dari negara India.

"Kalau kari Medan ada 1 komunitas India jadi mereka mengadaptasi sendiri. Kalau yang lain jarang pakai bubuk kari jadi hanya seperti gulai, seperti kunyit. Kari Medan lebih strong rasa karinya karena menggunakan bubuk kari dan daun kari," ucap Andry.

Andry berujar, sebagian daerah menamakan makanan dengan sebutan kari tetapi dalam proses pembuatannya tak memakai daun maupun bubuk kari.

Baca juga: Cara Olah Bebek agar Tidak Bau Amis, Bisa buat Kari Bihun Medan

"Ada beberapa daerah lain menyebut sayur kari, daging kari, ayam kari tapi mereka tidak menggunakan daun kari atau bubuk kari di dalam masaknnya. Karena mungkin bubuk kari atau daun kari memang agak susah untuk mendapatkannnya," terangnya.

Karena tidak menggunakan bumbu kari, mereka biasanya menggunakan bubuk kunyit atau kunyit giling. Bahan ini pula yang digunakan saat memasak Kari Kepiting Jawa Timur.

Kari Kepiting Jawa Timur menggunakan bumbu seperti bawang merah, bawang putih, kemiri, cabai merah, kunyit, jahe, lengkuas, serai, santan encer, dan asam jawa.

Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X