Cara Masak Beras Hitam Seperti Peserta MasterChef Indonesia

Kompas.com - 14/11/2020, 21:12 WIB
ilustrasi beras hitam Shutterstockilustrasi beras hitam

KOMPAS.com - Beras hitam menjadi salah satu jenis makanan yang harus diolah saat tantangan kedua MasterChef Indonesia Season 7, pada Sabtu (14/11/2020).

Sebelumnya salah satu peserta yakni Adit, sempat gagal memasak beras merah karena kurang matang. Ia bertambah panik saat mendapat tantangan beras hitam

"Di sini sorry to say, nasi kamu memang belum matang. So itu sangat tidak nyaman untuk dikunyah, masih keras tengahnya," ucap Chef Juna Rorimpandey kepada Adit.

Namun demikian Adit berhasil memasak beras hitam dengan baik, setelah belajar dari kesalahan masak beras merah. 

Baca juga: Apa Itu Ayam Cemani? Bahan Masak yang Dihindari Peserta MasterChef Indonesia

Beras merah dan hitam memang butuh penanganan lebih dibandingkan beras putih saat dimasak.

 

Dikutip dari berita Kompas.com yang tayang Kamis (9/7/2020), beras merah, hitam, dan coklat tidak perlu dicuci sebanyak empat kali, layaknya beras putih.

Sebab kulit luar (bran) pada beras merah tidak mengalami proses penggilingan dan pengelupasan secara berlebihan, sehingga bran masih utuh.

Beras merah, hitam, dan coklat cukup dicuci selama dua kali saja. Maka dari itu nasi merah lebih sehat dibandingkan dengan nasi putih.

Ilustrasi berasshutterstock Ilustrasi beras

 

Pasalnya, bran kaya akan serat, mineral (seperti zat besi, zinc, kalium, mangan, dan natrium), dan vitamin terutama vitamin B.

Kandungan serat alaminya memberi efek kenyang serta membersihkan saluran pencernaan. Sehingga saat mencuci beras merah jangan sampai menghilangkan kulit luarnya.

Dikutip dari Epicurious.com, bahan yang dibutuhkan untuk memasak nasi hitam adalah dua cangkir nasi hitam dan 3,5 gelas air.

Baca juga: Cara Simpan Beras agar Tidak Berkutu, Biar Awet

Cara masak beras hitam: 

1. Cuci beras dengan air bersih sebanyak dua kali bilas. 

2. Didihkan beras dengan 3,5 gelas air atau setara 828 mililter, 1/2 sendok teh garam, dan 1/4 sendok teh merica dalam panci.

3. Tutup dan kecilkan api hingga kecil. Masak hingga nasi empuk dan sebagian besar air terserap, sekitar 35 menit. Angkat dari api dan diamkan, tutup, 10 menit. Aduk dengan garpu.

Baca juga: Strategi Angkat Sagu Jadi Pangan Alternaif, Kurangi Ketergantungan akan Beras



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X