Kompas.com - 12/11/2020, 11:47 WIB
Ilustrasi es selendang mayang ShutterstockIlustrasi es selendang mayang

KOMPAS.com - Es selendang mayang merupakan minuman populer dari daerah Betawi. Warnanya mencolok dan menarik perhatian serta rasanya manis.

Baca juga: Resep Es Selendang Mayang Khas Betawi, Minuman Segar Penghalau Panas

Es selendang mayang isinya mirip seperti puding atau kue lapis yang terbuat dari tepung sagu aren. Lapisan selendang mayang terdiri dari warna putih berasal dari santan dan merah muda atau hijau.

Penjajanya biasa memotong kue selendang mayang berbentuk persegi agak tipis kemudian disajikan di mangkuk. Disiram pemanis dari gula merah atau sirup, santan, dan potongan es batu.

Nama yang terbilang unik tersebut tak lepas dari cerita rakyat si Jambang Mayang Sari. Hal ini diungkap oleh budayawan Betawi Yahya Andi Saputra.

“Munculnya kudapan ini tidak tahu pasti ya kapan, tapi indikasi dari namanya itu mengarah pada cerita rakyat si Jampang Mayang Sari. Nama Mayang diartikan sebagai sesuatu yang cantik dan indah,” jelas Yahya saat dihubungi oleh Kompas.com, Rabu (11/11/2020).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Cerita ini muncul pada awal 1900-an dan sudah dikenal oleh masyarakat Betawi. Mayang Sari adalah tokoh yang terkenal akan kecantikannya.

Ia mengatakan, jika diperhatikan minuman selendang mayang itu maka akan terpancar keindahan layaknya Mayang Sari. Sebab, tata warna sebagai komposisi selendang mayang ini memperlihatkan keindahannya.

Warna yang mencolok seperti merah, putih, dan hijau juga terbilang unik dan menjadi ciri khas selendang mayang. Warna itu yang membangkitkan selera orang untuk menikmati sajian ini.

Adonan kue dari es selendang mayangKOMPAS.COM/ALBERT SUPARGO Adonan kue dari es selendang mayang

Nama “selendang” sendiri berasal dari bentuknya yang lebar dan lemah gemulai saat digoyang-goyangkan.

Yahya menjelaskan bahwa adonan selendang mayang diletakkan pada tampah kemudian dicetak, lalu dipotong-potong memanjang seukuran 2 jari.

Halaman:
Baca tentang


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.