Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Asal Nama Es Selendang Mayang, Tak Lepas dari Cerita Rakyat Betawi

Kompas.com - 12/11/2020, 11:47 WIB
Yana Gabriella Wijaya,
Yuharrani Aisyah

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Es selendang mayang merupakan minuman populer dari daerah Betawi. Warnanya mencolok dan menarik perhatian serta rasanya manis.

Baca juga: Resep Es Selendang Mayang Khas Betawi, Minuman Segar Penghalau Panas

Es selendang mayang isinya mirip seperti puding atau kue lapis yang terbuat dari tepung sagu aren. Lapisan selendang mayang terdiri dari warna putih berasal dari santan dan merah muda atau hijau.

Penjajanya biasa memotong kue selendang mayang berbentuk persegi agak tipis kemudian disajikan di mangkuk. Disiram pemanis dari gula merah atau sirup, santan, dan potongan es batu.

Nama yang terbilang unik tersebut tak lepas dari cerita rakyat si Jambang Mayang Sari. Hal ini diungkap oleh budayawan Betawi Yahya Andi Saputra.

“Munculnya kudapan ini tidak tahu pasti ya kapan, tapi indikasi dari namanya itu mengarah pada cerita rakyat si Jampang Mayang Sari. Nama Mayang diartikan sebagai sesuatu yang cantik dan indah,” jelas Yahya saat dihubungi oleh Kompas.com, Rabu (11/11/2020).

Cerita ini muncul pada awal 1900-an dan sudah dikenal oleh masyarakat Betawi. Mayang Sari adalah tokoh yang terkenal akan kecantikannya.

Ia mengatakan, jika diperhatikan minuman selendang mayang itu maka akan terpancar keindahan layaknya Mayang Sari. Sebab, tata warna sebagai komposisi selendang mayang ini memperlihatkan keindahannya.

Warna yang mencolok seperti merah, putih, dan hijau juga terbilang unik dan menjadi ciri khas selendang mayang. Warna itu yang membangkitkan selera orang untuk menikmati sajian ini.

Adonan kue dari es selendang mayangKOMPAS.COM/ALBERT SUPARGO Adonan kue dari es selendang mayang

Nama “selendang” sendiri berasal dari bentuknya yang lebar dan lemah gemulai saat digoyang-goyangkan.

Yahya menjelaskan bahwa adonan selendang mayang diletakkan pada tampah kemudian dicetak, lalu dipotong-potong memanjang seukuran 2 jari.

Bentuknya yang lebar serta panjang bagaikan sebuah selendang. Tekstur dari selendang mayang sebelum dipotong juga lemas dan tidak kaku.

Jika terbawa air atau dimasukkan ke dalam air, selendang mayang akan bergerak luwes layaknya seperti selendang.

“Jadi keindaahan hijau putih merah itu terlihat kudapan ini seperti Mayang mengurai,” paparnya.

Tokoh Mayang Sari

Yahya menceritakan bahwa konon dahulu ada tokoh jagoan bernama Si Jampang. Ia seorang pria berkumis, tegap, dan dada berbulu. Ia menyukai sosok cantik bernama Mayang Sari.

Mayang Sari sebetulnya sudah memiliki seorang suami tetapi dirinya disukai oleh Si Jampang karena kecantikannya.

Yahya mendeskripsikan sosok Mayang Sari menurut cerita rakyat, bahwa ia adalah seorang wanita yang cantik.

Mayang Sari memiliki hidung yang mancung, matanya bulat, dan bulu matanya lentik. Dari sinilah selendang mayang diasumsikan memiliki keindahan seperti itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com