Chef Arnold MasterChef Indonesia Bagikan Cara Bersihkan dan Kupas Lobster

Kompas.com - 08/11/2020, 09:08 WIB
Cara mengolah lobster PixabayCara mengolah lobster

KOMPAS.com - Lobster menjadi bahan dasar pada tantangan Duplicate Dish MasterChef Indonesia season 7 episode Sabtu (7/11/2020).

Baca juga: Tantangan Bikin Gorengan MasterChef Indonesia, Ini Cara Membuat Tahu Krispi

Chef Arnold Poernomo mendemonstrasikan cara mengolah lobster menjadi Barbeque Lobster with Padang Consomme and Coconut Cream.

Menariknya, Chef Arnold menunjukkan cara memisahkan daging lobster dari cangkangnya menggunakan peralatan yang biasa ada di dapur.

 

Cuci lobster pakai air mengalir

Sebelum mengolah lobster, cuci dulu menggunakan air mengalir. Tujuannya untuk menghilangkan sisa-sisa pasir yang menemple pada lobster.

Kemudian, letakkan di atas talenan. 

Siram ekor lobster dengan air panas

Sementara itu, rebus air sampai mendidih. Daging lobster yang baru mati biasanya menempel di cangkang. Maka perlu air panas untuk memudahkan pengambilan daging lobster.

Masukkan lobster ke dalam mangkuk stainless steel, posisinya ekor di bagian bawah. Siram air panas sampai ekor terendam. Diamkan beberapa saat.

"Cuma disiram dengan air panas, bagian ekornya," ujar Chef Arnold di hadapan peserta MasterChef Indonesia season 7, Sabtu (7/11/2020).

Baca juga: Bedanya Lobster Air Tawar dengan Lobster Air Laut

Belah kepala lobster

Letakkan lobster secara horizontal di atas talenan dengan kepala di bagian kanan. Ambil pisau, sebaiknya menggunakan yang besar mengingat cangkang lobster cukup keras.

Belah kepala lobster tetapi tidak sampai putus. Pegang bagian kepala dan ekor, putar dan tarik keduanya sampai terlepas. Sisihkan ekor lobster.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X