Kompas.com - 07/11/2020, 16:26 WIB
Ilustrasi Blok M Square. SHUTTERSTOCK/WIDYA AMRINIlustrasi Blok M Square.

KOMPAS.com - Bagi kamu yang tinggal di Jakarta Selatan, mungkin kenal dengan Blok M yang punya segudang kuliner. Daerah Melawai, Blok M, sejak dulu dikenal sebagai tempat nongkrong anak muda.

Hingga kini, Blok M masih menyimpan tempat makan. Dari yang baru, hingga yang sudah berdiri lama. Berikut tempat-tempat makan yang bisa patut kamu coba saat ke daerah Melawai, Blok M:

Baca juga: Sejarah Blok M, Dulunya Tempat Nongkrong Anak Muda Era 80-an...

1. Sate Sambas, Panglima Polim

ilustrasi sateszefei ilustrasi sate

Pertama, kamu bisa coba sate sambas di Panglima Polim. Lokasinya ada di Jalan Sungai Sambas II No. 20, Melawai, Jakarta.

 

Sate Sambas buka pukul 17.00 WIB, jadi apabila kamu berkunjung malam akan menemukan banyak portal jalan tutup. Biasanya kamu bisa parkir di dekat portal dan jalan ke Sate Sambas.

Di sini akan ada banyak penjual dengan gerobak sate. Kamu bebas memilih dan duduk di kursi-kursi plastik, tanpa meja.

Sate Sambas menjual sate ayam dan sate kambing. Sate ayam juga dibuat dengan bumbu kacang dan kecap, atau bisa juga dibuat menjadi sate taichan, yakni tanpa bumbu kacang, melainkan dengan sambal.

Baca juga: 5 Kuliner di Blok M, Ada Gultik dan Sate RSPP

2. Ah Resto Cafe

pizza italiaPIXABAY/IGOROVSYANNYKOV pizza italia

Di Blok M, tepatnya di kawasan Blok M Square, kamu bisa menemukan kafe yang sudah ada sejak 1977, bernama Ah Resto Cafe.

Saat masuk ke kafe ini, kamu akan disuguhkan dengan kue ulang tahun. Ah Resto menjual cake tart yang merupakan andalan dari mereka. Ada berbagai varian, black forest, cheesecake, tiramisu, dan opera cake.

Kafe ini menjual makanan utama khas Amerika, seperti burger, steak, dan spageti. Dengan Rp 20.000, kamu sudah bisa mendapatkan satu roti burger. Untuk menu steak, harganya cukup beragam, dari Rp 40.000 - Rp 114.000 per porsi.

Untuk minuman, Ah Resto juga menyediakan banyak pilihan. Salah satunya adalah milkshake yang dibuat dengan tiga varian rasa, yakni cokelat, stroberi, dan vanila. Harganya Rp 21.000 per gelas.

Ah Resto Cafe buka dari pukul 08.00 - 22.00 WIB. Kamu bisa mengunjunginya dari hari Senin-Minggu, tidak ada perubahan jam operasional.

Baca juga: 7 Restoran Jepang di Melawai Blok M, Little Tokyo Jakarta

3. Toko Kue Vivi

Ilustrasi kroket, jajanan pasar untuk camilan siang hari. SHUTTERSTOCK/ULIE SEBAYANG Ilustrasi kroket, jajanan pasar untuk camilan siang hari.

Jika kamu mencari camilan di daerah Blok M, coba mampir ke Toko Kue Vivi. Letaknya tidak jauh dari deretan penjual hewan dan buah di kawasan Barito.

Buka dari pukul 06.30 - 19.00 WIB, toko ini beralamat di Jalan Barito II/ 29 A, Kebayoran Baru. Toko Kue Vivi ini juga sudah melegendaris, dengan menu kue-kue tradisionalnya.

Harga kue dimulai dari Rp 2.000, tergantung jenis kue yang kamu mau. Tapi, semua harga di sini terjangkau dengan rasanya yang gurih.

Kamu bisa menemukan fruit pie, risoles, klepon, kroket, lemper, hingga roti-roti seperti; roti coklat, roti daging, roti keju, dan roti bluder.

Toko Kue Vivi juga menjual dalam ukuran besar atau dalam tampah yang bisa kamu manfaatkan untuk acara atau rapat kantor.

Baca juga: Cara Buat Gulai Tikungan Blok M di Rumah, Tak Perlu Ragu Nambah

4. Nasi Goreng Thole

Sang penjual nasi goreng warna-warni, Mujianto sedang memasak dengan sebuah gerobak, Kamis (23/4/2015). Nasi Goreng Warna Warni terletak di Jalan Panglima Polim V, Jakarta Selatan. Kompas.com/Wahyu Adityo Prodjo Sang penjual nasi goreng warna-warni, Mujianto sedang memasak dengan sebuah gerobak, Kamis (23/4/2015). Nasi Goreng Warna Warni terletak di Jalan Panglima Polim V, Jakarta Selatan.

Bukan sekadar nasi goreng biasa saat kamu mencoba Nasi Goreng Thole. Di Jalan Panglima Polim V No. 4, Pulo, kamu akan menemukan nasi goreng warna-warni. Ada warna hijau, merah, dan juga hitam.

Nasi goreng berwarna merah, terbuat dari akar buah bit, warna hijau terbuat dari sawi, sedangkan warna hitam terbuat dari tinta cumi.

Satu porsinya dibandrol dengan harga Rp 20.000. Kamu juga bisa mencicipi semua rasa, karena satu porsi bisa kamu minta dengan tiga warna.

Nasi Goreng Thole cocok untuk kamu kuliner malam, karena baru buka pukul 06.00 - 01.00 WIB. Siap-siap nikmati rasa gurih dan asin, karena di atas nasi goreng, akan ditaburi teri asin kecil-kecil.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X