4 Kuliner Binjai di Sumatera Utara, Ada Tau Kua Heci dan Mie Sop Ayam

Kompas.com - 05/11/2020, 17:09 WIB
Ilustrasi mie sop ayam. SHUTTERSTOCK/ULIE SEBAYANGIlustrasi mie sop ayam.

KOMPAS.com - Deretan kuliner di Binjai, Sumatera Utara, yang bisa kamu cicipi ada mie sop ayam, tau kua heci, tahu balek, dan es campur kalimantan.

Kamu dapat menikmati kuliner Binjai di tempat makan berikut:

Baca juga: 15 Makanan Khas Medan, Ada Mi Gomak dan Bika Ambon

1. Mi sop ayam

Sesuai namanya, makanan ini adalah mi yang dicampurkan pada sop ayam.

Salah satu rumah makan yang menyajikan mi sop ayam adalah Pondok Surya. Tempat makan ini berada di Ade Irma Suryani Gang Anggrek Nomor 6.

Pondok Surya menyediakan hidangan seperti Mie Sop, Mie Sop Daging, Bakso goreng, Mie instan kangkung, dan masih banyak hidangan lainnya.

2. Tahu balek

Ilustrasi tahu goreng yang dibalik lalu diisi adonan ayam. SHUTTERSTOCK/RIFKI ALFIRAHMAN Ilustrasi tahu goreng yang dibalik lalu diisi adonan ayam.

Tahu balek adalah salah satu sajian khas Binjai lainnya. Kamu yang penasaran dengan rasanya, bisa menemukan kudapan ini di berbagai toko oleh-oleh atau rumah makan di Binjai.

Tahu ini berbeda dengan tahu goreng biasa. Tahu balek dibuat dengan cara digoreng biasa terlebih dahulu, kemudian dibelah dan isi tahunya dibalik ke depan.

Tahu lantas dilumuri adonan bakso ayam dan digoreng.

Baca juga: Resep Tahu Walik Isi Bakso Sapi Ayam, Camilan Goreng nan Gurih

Rasa tahu balek akan sedikit kenyal renyah. Tak lupa tahu ini juga dinikmati dengan sambal khas Binjai.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X