Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenapa Orang Indonesia Suka Makan Roti Pakai Meses?

Kompas.com - 03/11/2020, 15:34 WIB
Nine Fridayani,
Yuharrani Aisyah

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Membuat roti tawar dengan olesan margarin dan taburan meses sudah menjadi umum bagi orang Indonesia.

Faktanya, hidangan seperti itu terinspirasi dari sarapan orang Belanda. Melansir Serious Eats, di Belanda taburan hagelslag atau meses seperti yang kita kenal paling sering dimakan dengan roti mentega.

Namun, umumnya orang Indonesia memadukan roti tawar dengan meses cokelat. Berbeda dengan di Belanda, meses yang dipakai bervariasi dari rasa, bentuk, dan ukuran.

Mengapa demikian? Konon, sebelum ada chocolate hagelslag, meses muncul dalam rasa mirip adas manis berlapis gula pada 1860.

Baca juga: Sejarah Meses yang Sering Jadi Taburan Roti, Konon Ditemukan di Belanda

Lalu muncul meses dengan rasa buah dan terakhir jenis rasa baru meses adalah cokelat.

Ilustrasi roti tawar bertabur hagelslag. SHUTTERSTOCK/IRYNA MELNYK Ilustrasi roti tawar bertabur hagelslag.

Memakan roti pakai meses kemudian menjadi cara makan ala orang Belanda. Hal ini juga dipengaruhi karena meses sudah ada di Belanda sejak lama.

Bagi orang Belanda, meses atau hagelslag adalah ramuan ajaib yang membuat roti tawar dan mentega berasa seperti kue dan frosting.

Lapisan kerenyahan ringan, rasa manis, dan rasa dari hagelslag mengubah roti tawar yang lembut.

Kebiasaan makan roti pakai meses ini pun menyebar ke negara bekas jajahan Belanda termasuk Indonesia. Tidak heran apabila sampai sekarang pun orang Indonesia suka sarapan roti tawar bertabur meses.

Roti Tawar Meses yang viral di Twitter.Twitter/@MRTNZIG_ Roti Tawar Meses yang viral di Twitter.

Cara membuat roti meses ala orang belanda

Melansir The Spruce Eats, sangat mudah untuk menyiapkan roti meses ala orang Belanda. Bahan yang dibutuhkan hanyalah roti, mentega, dan pilihan rasa meses.

Roti meses Belanda yang otentik menggunakan roti tawar yang tebal dan olesan mentega Eropa. Tak jarang juga orang Belanda menikmati meses dengan memakannya langsung.

Baca juga: Resep Kue Cubit Keju Meses Cokelat, Teman Minum Teh Hangat

Bagaimana rasanya?

Setiap meses memiliki rasa yang unik. Meses cokelat dengan persentase kakao yang banyak akan memberi rasa roti lebih enak.

Jenis meses buah akan memberikan rasa buah pula pada roti, sedangkan meses asli yang punya rasa seperti adas manis memberi rasa licorice, tanaman akar bercita rasa manis.

Meses Belanda memiliki rasa artifisial yang jauh lebih sedikit daripada cokelat dan sprinkles, taburan berwarna ala Amerika.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com