Kompas.com - 02/11/2020, 14:14 WIB
Ilustrasi sarden kaleng dimasak dengan beragam bumbu. SHUTTERSTOCK/DEENIDAIlustrasi sarden kaleng dimasak dengan beragam bumbu.

KOMPAS.com - Sarden kaleng mempunyai rasa dan bau amis karena ikan ini mengandung minyak di jaringan dan rongga perutnya, seperti dilansir dari SFGATE.

Lemak tersebut sangat tidak jenuh sehingga ketika mengalami oksidasi menjadi senyawa yang baunya menyengat dan memberi rasa amis.

Namun, terdapat 4 cara mudah untuk mengurangi bau dan amis sarden kaleng seperti mengutip Sajian Sedap.

Baca juga: Cara Masak Ikan Sarden Bumbu Sederhana, Orak-arik Sarden

1. Beri banyak bawang merah dan bawang putih

Bumbu terutama bawang merah dan bawang putih dapat mengurangi amis sarden kaleng. Kamu dapat menambahkan takaran cukup banyak untuk kedua bumbu ini.

Cabai dan tomat juga bisa ditambah saat masak sarden kaleng agar rasanya lebih lezat. Selain bawang merah dan putih, bisa juga menggunakan rempah dan bumbu lain.

2. Tumis bumbu sampai harum

Cara untuk menghilangkan amis sarden kaleng dengan menumis bumbu hingga harum. 

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tumis irisan bawang merah dan bawang putih hingga harum, baru tambahkan tomat dan cabai. Tumis kembali. Langkah terakhir, masukkan sarden kaleng.

Ilustrasi sarden kalengShutterstock Ilustrasi sarden kaleng

3. Tambahkan bumbu perasa

Bumbu perasa dapat menghilangkan bau dan rasa amis sarden kaleng. Kamu dapat menggunakan bumbu sederhana seperti garam dan gula.

Selain itu, tuangkan juga air agar sarden berkuah kental.

4. Beri telur ceplok

Kamu juga bisa menambahkan telur pada masakan sarden kaleng. Cukup masukkan telur setelah sarden diberi air. Masak sampai bumbu meresap ke dalam telur.

Artikel ini telah tayang di Sajian Sedap dengan judul "Cuma Tambahkan Bumbu Dapur Rahasia Ini Saat Masak Sarden Kaleng, Rasanya Dijamin Jadi 100 Kali Lebih Enak! Wajib Coba", https://sajiansedap.grid.id/read/102344791/cuma-tambahkan-bumbu-dapur-rahasia-ini-saat-masak-sarden-kaleng-rasanya-dijamin-jadi-100-kali-lebih-enak-wajib-coba?page=all

(Penulis/ Editor : Virny Apriliyanty)



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X