Kompas.com - 01/11/2020, 21:03 WIB
Ilustrasi tamago, telur dadar gulung khas Jepang. SHUTTERSTOCK/USANOIlustrasi tamago, telur dadar gulung khas Jepang.

KOMPAS.com - Pada tantangan membuat olahan dengan kelapa pada MasterChef Indonesia season 7 episode Minggu (1/11/2020), Yuri, salah satu peserta membuat tamago dengan saus kelapa.

Namun, tamago buatan Yuri dinilai kurang tepat oleh ketiga juri yaitu Chef Juna, Chef Arnold, dan Chef Renatta. Chef Juna memberikan catatan kepada Yuri terkait tamago buatannya.

Baca juga: Resep Tamago, Telur Gulung Khas Jepang

Beda tamago dengan telur dadar gulung biasa

Chef Juna dengan nada lantang memperingatkan mengenai tamago yang dibuat Yuri adalah telur gulung biasa. Chef Juna menjelaskan perbedaan tamago dengan telur dadar gulung biasa.

“Yuri kamu tau perbedaan dari telur gulung dan tamago? Perbedaanya dari layer telurnya,” kata Chef Juna pada tayangan MasterChef Indonesia season 7, Minggu (1/11/2020).

Chef Juna menyampaikan bahwa tamago adalah sajian telur yang berlapis, tetapi lapisannya tak bisa dikupas alias sangat menempel antara satu layer dengan yang lainnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sementara telur gulung buatan Yuri bisa dikupas lapisannya dan tidak seperti tamago otentik Jepang.

Saat ditanya mengenai bumbu yang digunakan oleh Yuri, ia hanya menggunakan garam, gula, dan lada.

Sementara melansir Allrecipes, tamago yang memiliki rasa otentik diberi bumbu khas Jepang seperti kaldu dashi, mirin, dan kecap Jepang.

Ilustrasi tamagoyaki atau telur dadar gulung jepang. Dok. Shutterstock/gontabunta Ilustrasi tamagoyaki atau telur dadar gulung jepang.

Apa itu tamago?

Pada dasarnya tamago adalah telur dalam Bahasa Jepang. Sementara telur dadar gulung khas Jepang disebut tamagoyaki.

Telur dadar gulung khas Jepang ini bercita rasa manis dengan tekstur yang ringan. Biasanya disajikan di atas nasi sushi. Kemudian disajikan dengan saus kedelai dan wasabi sebagai celupan.

Baca juga: Cara Bikin Nasi Sushi, Butuh Teknik Masak dan Bumbu Tambahan

Lapisan tamagoyaki terlihat saling menempel karena telur dilipat saat tekstur atasnya masih sedikit cair tetapi bagian bawahnya sudah padat.

Sehingga lapisan telurnya melekat dan tidak terpisah dengan lapisan lainnya. Teksturnya lembut dan tidak kering seperti telur dadar biasa.

Tamago memiliki lapisan yang cukup tebal dan saat dipotong terlihat lapisan telurnya.



25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X