Mengapa Labu Identik dengan Perayaan Halloween?

Kompas.com - 31/10/2020, 11:11 WIB
Ilustrasi Halloween ShutterstockIlustrasi Halloween

KOMPAS.com  - Perayaan Halloween identik dengan labu yang dilubangi menjadi lentera, dan tampak menyeramkan seperti monster.

Melansir Encyclopedia Britannica,  sosok labu ini memiliki nama Jack O'Lantern.

Asal-usul labu digunakan dalam perayaan Halloween berdasarkan mitos Irlandia tentang Stingy Jack, yang menipu iblis untuk keuntungannya sendiri.

Baca juga: Resep Sup Labu Kuning, Bisa untuk Vegetarian

Alkisah ketika Jack meninggal, Tuhan tidak mengizinkannya masuk surga. Sementara iblis tidak mengizinkannya masuk neraka.  Jadilahh Jack dijatuhi hukuman untuk berkeliaran di bumi untuk selamanya.

Dari mitos itu, orang Irlandia mulai mengukir wajah setan dari lobak untuk menakut-nakuti jiwa Jack yang masih mengembara agar tidak menghampiri kediamannya.

Ketika imigran Irlandia pindah ke Amerika Serikat, mereka mulai mengukir Jack O'Lantern dari labu bukan lobak. Sebab labu adalah tanaman yang banyak ada di Amerika Serikat. 

Baca juga: Fakta Nutrisi Labu Kuning

Saat budaya ini masuk ke Negeri Paman Sam, para penjual dan pengukir Jack O'Lantern menyadari kalau labu lebih cocok untuk dijadikan sebuah pajangan. 

Mereka memberi penerangan pada labu, maka jadilah bentuk Jack O'Lantern seperti sekarang.

Kaitan dengan Halloween

Ilustrasi Halloween. (AFP/Nicolas Asfouri) Ilustrasi Halloween. (AFP/Nicolas Asfouri)

Halloween dicetuskan berdasarkan Festival Celtic Samhain, sebuah perayaan di Inggris kuno dan Irlandia yang menandai akhir musim panas.

Halaman:


Sumber britannica
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X