15 Makanan Korea yang Tren di Indonesia, Ada Dalgona Coffee dan BBQ

Kompas.com - 29/10/2020, 08:08 WIB
Ilustrasi dalgona coffee, kopi foamy yang videonya viral di media sosial. SHUTTERSTOCK/STEFAN CSONTOSIlustrasi dalgona coffee, kopi foamy yang videonya viral di media sosial.

KOMPAS.com – Banyak makanan Korea yang tren di Indonesia. Alasannya karena sering muncul di drama Korea kesukaan warga Indonesia maupun dari video TikTok. Rasanya pun bisa diterima lidah orang Indonesia.

Makanan Korea yang video atau fotonya viral di Indonesia mulai dari kimchi, dalgona coffee, sampai roti ubi ungu. Lengkapnya ada apa saja? Berikut ini 15 makanan Korea yang tren di Indonesia.

Baca juga: 25 Kuliner Korea yang Sering Muncul pada Drama, Pernah Coba yang Mana?

1. Kimchi

Ilustrasi kimchiShutterstock/naito29 Ilustrasi kimchi

Kimchi adalah makanan klasik asal korea. Olahan fermentasi sawi ini selalu disantap sebagai pelengkap hidangan utama. Nasi, mi instan, sup bisa disantap dengan kimchi yang pedas asam khas.

Kimchi juga dikenal oleh orang Indonesia. Terdapat online shop maupun K-mart yang menjual kimchi siap santap.

Tidak sedikit pula orang yang penasaran rasa kimchi berusaha membuatnya sendiri di rumah.

Baca juga: Resep Kimchi Sawi Putih dari Chef Profesional

2. Tteokbokki

Ilustrasi kuliner Korea : kue beras saus pedas (tteokbokki).SHUTTERSTOCK/YTAN Ilustrasi kuliner Korea : kue beras saus pedas (tteokbokki).

Tteokbokki tren di Indonesia karena sering muncul pada drama Korea. Pencinta drama korea secara tidak langsung menjadi penasaran dengan tteokbokki.

Akhirnya muncul penjual tteokbokki di Indonesia, kuliner Korea ini pun menjadi tren.

 

Kepopulerannya di Indonesia bukan karena sering muncul dalam drama Korea saja, tetapi rasanya juga dapat diterima oleh orang Indonesia.

Tteokbokki adalah makanan olahan dari kue beras atau tteok. Kue beras kemudian disajikan ke dalam saus pedas dan gurih.

Baca juga: 6 Resep Makanan Instan dari Drama Korea, Ada Tteokbokki Risotto

3. Korean Garlic Bread

Korean Garlic Cheese Bread ala Devina Hermawan. Dok. Youtube Devina Hermawan Korean Garlic Cheese Bread ala Devina Hermawan.
Korean garlic cheese bread adalah roti kekinian dari Korea yang juga tren di Indonesia. Roti kekinian ini terinspirasi dari garlic bread Eropa, kemudian dimodifikasi cara membuat serta bahan tambahannya.

Aslinya, garlic bread adalah roti yang dioles mentega dan taburan bawang putih cincang, lalu dipanggang hingga kering.

Sementara itu, resep dari korea memodifikasinya dengan menambahkan adonan cream cheese dan roti bun dibalut telur, kemudian roti dipanggang. Rasa Korean garlic cheese bread semakin gurih.

Baca juga: Resep Korean Garlic Bread Tanpa Oven, Pakai Panci, dan Tidak Perlu Diulen

4. Dalgona coffee

Dalgona coffee sebenarnya minuman kopi yang terinspirasi dari jajanan permen korea, “dalgona”.

Permen dalgona mempunyai warna coklat karamel lembut, begitu pula dengan campuran dalgona coffee.

Racikan minuman dalgona coffee yaitu bubuk kopi tanpa ampas, gula dan air dengan rasio sama banyak diaduk hingga mengembang menyerupai tekstur krim.

Adonan kopi ini akan berwarna karamel seperti dalgona. Kopi kemudian disajikan di dalam secangkir susu dingin. Cara menikmatinya susu dan kopi hanya perlu diaduk.

Baca juga: Cara Membuat Dalgona Coffee Tanpa Mixer, Jadi dalam 5 Menit

5. Kimbap

Ilustrasi kuliner Korea : kimbap.SHUTTERSTOCK/ARTYOORAN Ilustrasi kuliner Korea : kimbap.

Kimbap adalah makanan Korea Selatan yang memiliki penampilan serupa sushi Jepang. Olahan nasi dan isian sayuran yang digulung di dalam rumput laut kering ini juga menjadi tren karena sering muncul di drama Korea.

Di Korea, kimbap selalu dijadikan sebagai makanan untuk piknik. Kamu bisa juga jadikan kimbap sebagai bekal perjalanan.

Baca juga: Resep Kimbap Indomie Goreng ala Yunhyeong iKON, Kreasi Sarapan Praktis

6. Korean Sweet Potato Bread

Ilustrasi korean sweet potato bread atau roti ubi ungu korea. SHUTTERSTOCK/IKA RAHMA H Ilustrasi korean sweet potato bread atau roti ubi ungu korea.

Jajanan Korea satu ini sedang hangat-hangatnya jadi tren kuliner di Indonesia. Korean sweet potato bread adalah roti ubi yang berbentuk menyerupai ubi ungu dengan isian dari ubi pula.

Daya tarik dari Korean sweet potato bread ini yaitu bentuknya yang lucu sangat mirip dengan bentuk asli ubi ungu.

Di Indonesia, jajanan ini sudah beredar di pasaran hingga resepnya pun juga sudah banyak tutorialnya.

Baca juga: Resep Korean Sweet Potato Bread, Roti Ubi Ungu Tekstur Seperti Mochi

7. Hottang

Hottang adalah jajanan Korea yang populer di negaranya dan di Indonesia. Resep tutorial membuat hottang sempat berseliweran dan tren di media sosial warga Indonesia.

Hottang ini adalah jajanan yang memadukan sosis dan kentang goreng. Sosis hot dog dicelupkan ke dalam adonan tepung kemudian dibalur dengan kentang goreng dan digoreng.

Jadilah hot dog kentang atau disingkat hottang. Orang-orang juga menyebutnya dengan sotang atau sosis kentang.

8. Ramyun pedas

Ilustrasi kuliner Korea : mi instan Korea (ramyun).SHUTTERSTOCK/TMON Ilustrasi kuliner Korea : mi instan Korea (ramyun).
Ramyun adalah sebutan masakan mi Korea. Budaya makan mi ala drama Korea yang terlihat nikmat membuat ramyun menjadi spesial dan hits di Indonesia.

Ramyun Korea bisa beraneka rupa cara penyajiannya, ada yang goreng atau rebus hingga ada yang berbentuk instan seperti mi dalam cup.

Namun, yang paling tren di Indonesia adalah masakan ramyun pedas yang terkadang ditambahkan topping keju dan tteokbokki.

Baca juga: 3 Tips Masak Kimchi Ramyun Jadi Enak, Mirip di Drama Korea

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X