Apa Bedanya Soun, Bihun, dan Misoa? Tiga Mi Putih yang Tampak Serupa

Kompas.com - 25/10/2020, 15:39 WIB
Ilustrasi bihun yang terbuat dari tepung beras. SHUTTERSTOCK/KRITCHAI7752Ilustrasi bihun yang terbuat dari tepung beras.

KOMPAS.comSoun, bihun, dan misoa merupakan tiga jenis mi yang nampak serupa. Ketiga mi tersebut kerap disebut mi putih karena warnanya putih atau transparan.

Ketiga mi tersebut sama-sama memiliki bentuk seperti benang mi tipis. Walaupun tampak serupa, bahan baku soun, bihun, dan misoa berbeda.

Baca juga: Resep Soun Goreng ala Restoran, Bikin untuk Makan Siang Nanti

1. Soun

Soun adalah kategori mi yang terbuat dari jenis pati lain selain gandum atau beras. Soun bisa terbuat dari kacang hijau, tepung tapioka, maupun tepung ubi jalar.

Meskipun bahan bakunya beragam, proses pembuatan soun ini melibatkan isolasi pati dari berbagai sumber tersebut, sehingga rasa dari bahan baku tidak terasa pada produk soun, seperti dilansir dari The Spruce Eats.

Ilustrasi soun, terbuat dari pati kacang hijau. Biasanya disebut juga glass noodle. SHUTTRESTCOK/JREIKA Ilustrasi soun, terbuat dari pati kacang hijau. Biasanya disebut juga glass noodle.

Soun biasanya jauh lebih tipis, hampir seperti benang. Disebut mi kaca atau plastik karena setelah direbus akan tampak hampir transparan seperti kaca. Tekstur soun umumnya sangat kenyal.

Soun biasanya diolah menjadi tumisan. Jika digoreng soun akan terasa sangat renyah. Sebelum dimasak soun perlu direndam terlebih dahulu.

Setelah direndam, soun memerlukan waktu memasak yang relatif singkat, dari 3-6 menit tergantung kuantitasnya.

Setelah ditiriskan dan dibilas hingga bersih dengan air dingin, aduk soun dengan minyak agar tidak lengket.

Baca juga: Resep Japchae, Mi Bening Tumis Sederhana Khas Korea

2. Bihun

Bihun terbuat dari tepung beras. Tersedia dalam berbagai ukuran panjang dan lebar. Kebanyakan bihun berbentuk pipih dan lebarnya bervariasi.

Bihun memiliki tekstur yang keras dan kenyal. Jika dimasak, bihun mudah tercampur dengan bumbu masakannya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X