Kompas.com - 19/10/2020, 17:07 WIB
Ilustrasi kue sus atau soes. Dok. Shutterstock/Maharani afifahIlustrasi kue sus atau soes.

 

KOMPAS.com - Peserta MasterChef Indonesia season 7 ditantang membuat kue sus pada Minggu (18/10/2020). Yuri, Chika, Isman, dan Dava, diberi tantangan ini saat pressure test.

Yuri, Chika, Isman, dan Dava dibuat pusing saat menyelesaikan tantangan ini.

Bahkan kue sus buatan Yuri mendapat komentar pedas dari ketiga juri, sampai Chef Juna tak jadi memakan sus yang sudah ada dalam mulutnya.

Baca juga: Resep Kue Sus Ekonomis, Pakai Vla Vanilla Susu

Terlepas dari hal tersebut, membuat kue sus adalah sesuatu yang sulit. Lantas, bagaimana cara membuat kue sus yang tepat?

Ilustrasi kue sus gurih isi keju dan salmon panggang. SHUTTERSTOCK/P-KHEAWTASANG Ilustrasi kue sus gurih isi keju dan salmon panggang.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kue sus, pastry dari Perancis

Melansir BAKERpedia, sus disebut juga choux pastry atau p?te à choux, pastry asal Perancis yang memiliki rongga, berisi krim lembut, dan ada topping di atasnya.

Baca juga: Apa Itu Pastry? Kue Kering ala Perancis dengan 5 Jenis Adonan

Pada versi aslinya, ada juga varian gurih yang dapat diisi dengan krim dicampur dengan bahan makanan seperti kerang, sayuran, dan krim keju.

Adonan pastry kue sus hampir mirip dengan adonan cream puff, profiterole, cruller, beignet, churros, funnel cake, dan masih banyak kudapan Perancis lainnya.

Adonan kue sus tanpa ragi, bagian luarnya sangat garing, tetapi di dalamnya lembab dan lebih lembut. Selain itu juga ada krim lembut dan tidak terlalu encer.

Krim pada kue sus memilik banyak varian, seperti rasa cokelat, vanila, dan varian rasa lainnya.

Sejarah kue sus

Ketika berbicara tentang sejarahnya, kue sus adalah salah satu makanan penutup paling terkenal di dunia. Kue sus sering ditemukan di Perancis dan negara di Eropa lainnya.

Halaman:


25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X