Cara Masak Kerang Hijau, Ikut Tips Bersihkan dan Resepnya

Kompas.com - 18/10/2020, 08:08 WIB
Ilustrasi Kerang hijau Ika Rahma H / shutterstockIlustrasi Kerang hijau


KOMPAS.com – Mengolah kerang hijau kadang kala terkesan rumit. Salah satunya karena kerang cenderung menyimpan banyak pasir di bagian dalam cangkang mereka.

Diperlukan cara-cara tertentu untuk mengeluarkan pasir-pasir tersebut agar tidak termakan nantinya.

Chef Agung Budiharto dari The Grove Suites by Aston memberikan tips khusus dalam memasak kerang agar tidak berpasir dan berbau seperti berikut.

Baca juga: Cara Mudah Bersihkan Kerang dan Hilangkan Bau Amis

Tips bersihkan kerang hijau dari pasir dan bau

Cuci dan rendam pakai air garam

Pertama, cuci bersih kerang dengan air mengalir. Setelah dipastikan cangkangnya bersih, rendam kerang dengan air garam selama kurang lebih satu jam. Hal itu berguna untuk membuka kulit kerang. Setelah itu, bilas dengan air bersih.

Rebus dengan rempah

Kemudian siapkan wajan, lalu mulai rebus kerang. Tambahkan rempah-rempah berupa serai, daun salam, dan jahe. Rempah ini berguna untuk membuat kerang tidak berbau nantinya.

“Setelah kerang terbuka semuanya, bilas lagi sampai bersih menggunakan air mengalir,” ujar Chef Agung pada Kompas.com, Sabtu (17/10/2020).

Bilas dengan air

Setelah cangkangnya terbuka, maka pasir-pasir yang ada di dalam cangkang kerang akan lebih mudah larut ketika dibilas dengan air. Kerang pun bisa kamu olah lagi sesuai selera.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X