Apa Itu Food Bank? Wadah untuk Kurangi Risiko Kelaparan dan Kurang Gizi

Kompas.com - 13/10/2020, 22:02 WIB
Ilustrasi donasi makanan di food bank Shutterstock/addkmIlustrasi donasi makanan di food bank


KOMPAS.com – Hingga kini pandemi Covid-19 masih melanda dunia. Berbagai masalah yang jadi akibat dari pandemi ini pun menanti untuk ditangani. Salah satunya masalah ketahanan pangan dunia.

Menurut Vice President Programs at The Global FoodBanking Network Douglas L. O’Brien, pemulihan untuk masalah pangan dunia akan sangat panjang.

Salah satu pihak yang menurutnya penting untuk ambil bagian dalam isu ketahanan pangan akibat Covid-19 ini adalah pemerintah.

“Pemerintah harus mengembangkan lebih jauh tindakan pencegahan secara sosial. Selain itu yang paling penting juga memberi bantuan untuk menjalankan food bank,” kata Douglas dalam webinar “Foodcycle World Food Day 2020” pada Jumat (9/10/2020).

Baca juga: Indonesia, Negara Penghasil Limbah Makanan Peringkat Kedua Tertinggi di Dunia

The Global FoodBank Network (GFN) yang punya cabang di hampir setiap negara di dunia berusaha untuk memberikan bantuan pada para anggotanya.

Menurut Douglas, ada beberapa strategi yang bisa dikembangkan untuk membantu pemulihan akibat pandemi Covid-19 ini. Pertama adalah untuk mengukur skala kemampuan food bank.

Sekuat apa infrastruktur yang mereka memiliki agar bisa membantu lebih banyak orang.

Selain itu, GFN juga berusaha untuk mendorong para pemimpin untuk membantu.

“Kami juga mendorong penanganan masalah terkait mereka yang paling terdampak di komunitas. Terutama anak-anak. Bagaimana food bank harus melindungi anak-anak yang tidak punya akses ke makanan,” jelas Douglas.

Ilustrasi donasi makananShutterstock/BestDeals Ilustrasi donasi makanan

Berbagi informasi

Salah satu kekuatan GFN adalah sistem peer to peer network. Food bank di seluruh dunia akan berbagi informasi.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X