Ketahanan Pangan Dunia Terdampak Pandemi Covid-19

Kompas.com - 13/10/2020, 21:07 WIB
Ilustrasi donasi makanan Shutterstock/BestDealsIlustrasi donasi makanan


KOMPAS.com – Pandemi Covid-19 yang melanda dunia selama beberapa bulan terakhir memberikan dampak signifikan pada banyak aspek. Salah satunya adalah soal ketahanan pangan dunia.

Vice President Programs at The Global FoodBanking Network Douglas L. O’Brien mengatakan bahwa pandemi ini menyebabkan peningkatan signifikan terhadap permintaan makanan. 

Ia menyebutkan pandemi berpeluang besar menyebabkan krisis kelaparan global.

Saat ini, Douglas mengatakan satu dari empat orang menghadapi kekurangan pangan.

"Sekitar 690 juta orang kini menghadapi kelaparan kronis dan mungkin akan bertambah lagi lebih dari 130 juta orang,” kata Douglas ketika menjadi pembicara dalam acara webinar “Foodcycle World Food Day 2020” pada Jumat (9/10/2020).

Baca juga: Indonesia, Negara Penghasil Limbah Makanan Peringkat Kedua Tertinggi di Dunia

Orang-orang tersebut merupakan mereka yang berada dalam kemiskinan serta orang-orang yang baru menjadi miskin karena efek pandemi.

Salah satu sebabnya adalah banyaknya pemutusan hubungan kerja saat pandemi.

Tak itu saja, orang-orang yang terdampak juga meliputa mereka para pekerja informal , Mereka biasanya punya akses terbatas pada makanan.

Menurut Douglas, wanita dan anak-anak jadi pihak yang paling terkena dampak pandemi ini.

Ilustrasi supermarketantpkr Ilustrasi supermarket

Bagaimana FoodBank terdampak

FoodBank sebagai organisasi nirlaba yang biasa memasok makanan kepada mereka yang membutuhkan juga mengalami dampak yang signifikan.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X