Kompas.com - 12/10/2020, 13:08 WIB
Pasta saus carbonara. Dok. Shutterstock/ RcriStudioPasta saus carbonara.

KOMPAS.com – Pasta dan saus adalah dua hidangan yang tidak dipisahkan. Kombinasi dari keduanya akan saling melengkapi rasa satu sama lain.

Ada sembilan saus pasta klasik dari Italia sepeti dilansir dari SBS, yang dapat dijadikan campuran aneka pasta. 

Kreasi saus pasta ini bisa jadi pilihan bagi kamu yang bosan dengan sajian pasta itu-itu saja. Berikut jenis saus pasta klasik ala Italia:

Baca juga: Bedanya Saus Pizza dengan Saus Pasta, Cara Masak sampai Konsistensi

1. Carbonara

Ada dua aliran saus Carbonara, krim dan tanpa krim. Resep ini menggunakan metode tradisional, dengan tekstur lembut yang berasal dari telur dikocok ringan. 

Carbona memang identik dengan telur kocok yang dicampurkan ke dalam pasta sebelum disajikan sehingga rasany creamy dan gurih. 

2. Ragù alla Bolognese

Bisa jadi inilah saus pasta Italia yang paling terkenal. Bolognese dapat diterjemahkan ke dalam Bahasa Inggris sebagai “mangkuk kenyamanan”.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Apa Bedanya Pasta dan Mi?

Ada banyak variasi bahan pada saus bolognese di Italia. Namun yang pasti spageti bakso dengan saus bolognese yang terkenal justru tidak akan dapat ditemui di Italia.

Sebab sajian tersebut adalah hidangan khas dari Amerika Serikat. 

3. Amatriciana

Pasta dengan saus amatriciana. Dok. Shutterstock/ norikko Pasta dengan saus amatriciana.

Saus ini terdiri dari enam bahan dasar yaitu guanciale (daging babi), keju pecorino, anggur putih, tomat (tepatnya, tomat dari San Marzano), lada dan cabai.

Halaman:


Sumber SBS
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X