Thai Airways Jualan Odading ala Thailand, Rencana Jadi Bisnis Waralaba

Kompas.com - 11/10/2020, 19:29 WIB
Patong-go dan saus ubi. DOK. FACEBOOK THAI CATERINGPatong-go dan saus ubi.

KOMPAS.com  - Terimbas bangkrut Thai Airways International melirik peluang usaha kuliner jajanan patong-go yang mirip odading. Thai Airways juga berencana menjadikannya bisnis waralaba.

Tak main-main, jajanan ini sudah menghasilkan sekitar 10 juta baht dalam penjualan bulanan.

Dikutip dari Bangkok Post, pejabat presiden THAI Chansin Treenuchagron mengatakan bahwa patong-go yang terbuat dari adonan roti lalu digoreng ini sangat populer hingga membuat orang rela mengantre panjang untuk membelinya.

Baca juga: Resep Patong-Go, Odading ala Thailand yang Dijual Thai Airways

Cabang gerai patong-go dari Thai Airways

Patong-go dari Thai Airways sendiri dijual di beberapa cabang gerai yang tersebar di Bangkok, Thailand. Salah satunya ada di Silom Road, Bangkok.

Kelima gerai tersebut berada di toko roti Puff & Pie di pasar Or Tor Kor, kantor pusatnya di distrik Chatuchak, gedung Rak Khun Tao Fa dan gedung Thai Catering di distrik Don Muang, dan cabang Silom THAI.

Patong-go dari Thai Airways International tersebut juga dijual di dua gerai yang ada di Provinsi Chiang Mai.

Keuntungan penjualan patong-go

Setiap pagi di lima gerai makanan maskapai asal Thailand itu menggoreng patong-go dan menjualnya kepada para pelanggan. Hasil penjualan patong-go telah sekitar 10 juta baht sejak beberapa bulan ini dijajakan.

Didorong oleh hal tersebut, Thai Airways berencana untuk menjadikan jualan patong-go menjadi bisnis waralaba. Sehingga THAI dan mitranya dapat saling mendapatkan keuntungan dari popularitas mereka.

Setiap kotak patong-go dijual seharga 50 baht berisi tiga batang patong-go dan secangkir saus untuk celupannya. Saus celupan patong-go terbuat dari ubi ungu dan telur custard.

Tanggapan positif dari pelanggan

Dagangan patong-go dari Thai Airways disambut baik oleh masyarakat Thailand. Salah satunya dari Somkitti Wongvibulsin yang menyarankan pihak Thai Airways International untuk menambah cabang gerainya.

Ilustrasi Pa Thong Ko, jajanan Khas ThailandCaramelBiscuit / shutterstock Ilustrasi Pa Thong Ko, jajanan Khas Thailand

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X