Kompas.com - 10/10/2020, 18:19 WIB
Ilustrasi makanan kaleng shutterstockIlustrasi makanan kaleng


KOMPAS.com – Ada banyak hal yang menyebabkan pangan terbuang. Salah satunya adalah adanya inkonsistensi dan ketidakjelasan soal arti Used by Date dan Best Before Date pada kemasan makanan.

Hal itu diungkapkan oleh Prof. Dr. Purwiyatno Hariyadi, MSc., CFS.,Vice Chairperson of CODEX Alimentarius Commission dalam webinar “Foodcycle World Food Day 2020” pada Jumat (9/10/2020).

Kamu mungkin akan mudah menemukan istilah Used by atau Best Before diikuti dengan tanggal bulan hingga tahun yang lengkap.

Baca juga: Cara Olah Limbah Dapur untuk Jadi Pupuk Organik, Yuk Simak

Biasanya kamu sering menyebut itu dengan tanggal kadaluarsa suatu produk.

“Jangan sampai pangan tersebut terpaksa dibuang mubazir hanya karena alasan warnanya sudah tidak bagus lagi misalnya,” kata Purwiyatno.

Ilustrasi deretan snack di Lotte Mart Seoul, Korea Selatan. SHUTTERSTOCK/SORBIS Ilustrasi deretan snack di Lotte Mart Seoul, Korea Selatan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Maka dari itu, cara membedakan Used by Date dan Best Before Date jadi begitu krusial.

Menurut Purwiyatno, Used by Date mengacu terhadap keamanan pangan. Sebaiknya produk yang mencantumkan istilah itu sebaiknya dikonsumsi sebelum tanggal tersebut.

“Jika sudah melewati tanggal tersebut, sebaiknya dibuang,” tegas dia.

Baca juga: Tips Kurangi Sampah Makanan, Olah Semua Bagian Bahan Makanan

Sementara istilah Best Before mengacu pada tanggal paling baik sebuah produk pangan digunakan sebelum tanggal yang tertera.

Tanggal tersebut mengacu pada kualitas atau mutu pangan.

Berbeda dari produk dengan Used by Date, produk yang mencantumkan “Best Before Date” kemungkinan masih aman untuk dimakan. Hanya saja mutunya tidak lagi prima.

Baca juga: 5 Manfaat Zero Waste Cooking, Tren Kurangi Sampah Makanan

“Pembedaan ini penting sehingga konsumen tidak serta merta membuang pangan yang mendekati atau melewati umur simpan karena bisa jadi produk tersebut masih layak untuk dikonsumsi,” pungkasnya.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.