Kompas.com - 07/10/2020, 12:12 WIB
7 tips pasta lezat dari chef bintang Michelin yang mudah dimasak di rumah UNSPLASH/Oktavisual 7 tips pasta lezat dari chef bintang Michelin yang mudah dimasak di rumah

KOMPAS.com - Sejumlah chef bintang Michelin membagikan tips membuat pasta sendiri di rumah. Sehingga kamu bisa menikmati sajian ala fine dining tanpa keluar rumah.

Pasalnya, pandemi membuat kesempatan makan di luar menjadi sulit, makan dengan sajian yang sudah biasa lama-lama bisa membosankan.

Berikut 7 tips membuat pasta ala chef bintang Michelin yang bersumber dari Insider.com. Mulai dari bikin pasta dasar sampai saus bolognese.

1. Bikin pasta dasar pakai 3 bahan

Josh Emett, salah satu chef bintang Michelin dari Selandia Baru, berujar bahwa cacio e pepe adalah dasar dari hidangan pasta.

Emett menambahkan meski cacio e pepe adalah pasta dasar, tetapi jika dibuat dengan benar akan sangat lezat.

Dirinya menambahkan bahwa untuk membuat cacio e pepe diperlukan tiga bahan saja.

"Secara tradisional, hanya pasta, biasanyanya spageti, pecorino parut, dan lada hitam tumbuk," tambahnya.

Emett menyarankan untuk menambah mentega agar pasta lebih lembut dan tidak mengunakan garam terlalu banyak karena keju pecorino sudah asin. Keju pecorino juga bisa diganti dengan parmesan.

2. Tambahkan truffle pada resep pasta tagliatelle

Black truffle.Shutterstock.com/Maria+Esau Black truffle.

Chef eksekutif di Taj Campton Place Restaurant Srijith Gopinathan biasanya menambahkan truffle pada pasta tagliatelle. Pasta ini mempunyai saus kental dan lembut.

Gopinathan merekomendasikan untuk membuat saus berbahan dasar keju parmesan yang sudah tua, daun bawang yang banyak, dan satu kubus kaldu ayam padat. Tak lupa beri truffle. Beri lada hitam sebagai sentuhan akhir.

Gopinathan terkadang juga menambahkan lobster rebus atau ayam pada pasta tagliatelle buatannya.

3. Padukan keju dan telur untuk saus pasta carbonara

Pasta saus carbonara.Dok. Shutterstock/ RcriStudio Pasta saus carbonara.

Emett menyebutkan pasta carbonara dapat dibuat dalam waktu 10 menit saja. 

Bahan dasar pasta carbonara ada spageti, guanciale atau pancetta (versi halalnya adalah bacon sapi), lada hitam, telur, dan keju pecorino Romano.

Kunci saus carbonara yang lezat dan mengilap terletak pada penggunaan campuran telur dan keju. Barulah campur dengan pasta.

Emett mengatakan dalam membuat saus carbonara, waktu adalah hal penting.

Kecepatan dalam mengaduk campuran bahan menentukan hasil akhir saus. Ketika campuran saus tercampur dengan pasta, aduk dengan cepat. Sehingga panasnya masakan cukup mematangkan telur tanpa merusaknya.

4. Membuat gnocchi enak di rumah

Rekomendasi Emett selanjutnya adalah gnocchi dengan kentang dan labu butternut.

Panggang dulu kentang supaya teksturnya lebih kering dan lembut. Sementara labu, bakar dulu agar hasilkan warna orange yang indah. Setelah itu ambil daging buahnya. Tiriskan untuk mengurangi kandungan air.

Campur kentang dan labu dengan tepung, keju parmesan, telur, dan pala. Gnocchi ini langsung enak dimasak, atau bisa merebus dan bekukan untuk disimpan.

Taruh gnocchi di atas nampan agar tidak saling menempel, baru simpan dalam freezer.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X