Cara Iris Tipis Bawang Bombay, Knife Skill ala MasterChef Indonesia

Kompas.com - 03/10/2020, 21:11 WIB
Ilustrasi bawang bombay shutterstockIlustrasi bawang bombay


KOMPAS.com – Ada tiga basic knife skills atau keahlian dasar menggunakan pisau yang dilakukan pada MasterChef Indonesia Season 7 episode Sabtu (3/10/2020).

Tiga kemampuan tersebut yakni mengiris bawang bombai dengan tipis, memotong kentang, dan iga domba. Tes pertama yang dilakukan adalah mengiris tipis bawang bombai.

Baca juga: Cara Mudah Potong Bawang Bombai, Tips dari Chef

Seperti dilansir dari The Kitchn, mengiris tipis bawang bombai artinya menghasilkan potongan tipis bawang dengan ukuran dan panjang yang sama.

Memotong bawang bombai seperti ini walaupun sedikit rumit, bisa membuat makanan terlihat lebih mewah.

Pasalnya ukuran masing-masing potongan akan serupa satu sama lain, tidak berbeda seperti jika kamu memotong dengan bentuk bulan setengah atau cincin.

Bawang bombai yang diiris tipis akan masak bersamaan sehingga teksturnya lebih baik ketika selesai dimasak.

Biasanya tekstur bawang akan terasa lebih kenyal, sedangkan bentuk cincin atau bulan setengah lebih lembut dan mudah hancur.

Ilustrasi orang memotong bawang bombayFreepik Ilustrasi orang memotong bawang bombay

Seperti dilansir dari The Spruce Eats, berikut ini langkah-langkah yang bisa kamu lakukan untuk mengiris tipis bawang bombai selayaknya chef profesional.

1. Pertama, pilih bawang bombai yang punya kulit keras dan lembut. Semakin baik bawang bombay, akan semakin bagus irisannya.

2. Selanjutnya potong bagian ujung atas bawang bombai dengan pisau tajam. Beberapa orang khawatir menggunakan pisau tajam bisa berbhaya, tapi sebenarnya bisa lebih aman.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X