KILAS

Hari Kopi Internasional, Begini Kebiasaan Ngopi Masyarakat Indonesia Selama Pandemi

Kompas.com - 01/10/2020, 17:37 WIB
Ilustrasi kopi susu kekinian. SHUTTERSTOCK/ANNA_PUSTYNNIKOVAIlustrasi kopi susu kekinian.
|


KOMPAS.com - Bertepatan dengan perayaan Hari Kopi Internasional, GrabFood sebagai layanan pesan antar makanan di Indonesia menganalisis kebiasaan minum kopi masyarakat selama pandemi.

Adapun analisis itu berdasarkan data pesanan kopi pelanggan melalui GrabFood dari April hingga September 2020. Hasilnya, tim GrabFood menemukan 4 fakta menarik berikut.

1. Memesan jumlah besar

Pemesanan kopi di GrabFood mengalami peningkatan. Dari pantauan GrabFood, para penggemar kopi kini memesan dengan jumlah besar untuk kebutuhan seluruh anggota keluarga yang bekerja dari rumah.

Sebelum masa pandemi, biasanya pelanggan hanya memesan satu gelas per pesanan. Kini, mereka umumnya memesan tiga gelas kopi.

Baca juga: Pandemi, Penjualan Kopi Literan UMKM di Tokopedia Naik 5 Kali Lipat

Menanggapi permintaan yang kian meningkat, para mitra merchant kopi di GrabFood menjawab kebutuhan ini dengan cara menawarkan paket kopi dalam jumlah banyak, termasuk paket kemasan botol 1 liter yang kini menjadi tren.

2. Teman andalan bekerja

Rentang waktu paling sibuk pemesanan kopi di GrabFood adalah pukul 14.00 hingga 16.00. Durasi waktu ini dianggap sebagai jam produktif kerja. Umumnya, para penikmat kopi memesannya untuk menemani waktu bekerja itu.

Kemudian, waktu tersibuk kedua adalah jam makan siang, pukul 12.00 hingga 14.00 untuk membantu mengatasi kantuk setelah makan siang.

3. Masyarakat doyan kopi susu

Di Indonesia, kopi susu masih menjadi primadona. Berdasarkan data dari mitra kedai kopi paling laris di platform GrabFood, mayoritas pemesanan kopi di Indonesia didominasi oleh kreasi kopi susu dengan berbagai rasa, seperti gula aren, vanila, hingga karamel.

4. Cokelat dingin sebagai alternatif

Sesekali, para penggemar kopi di Indonesia memesan menu yang tidak mengandung kafein sebanyak kopi.

Pilihan utama konsumen jatuh kepada cokelat dingin. Dari 5 brand favorit konsumen Indonesia, cokelat dingin selalu menempati tiga besar pesanan terbanyak dari konsumen GrabFood.

Halaman:
Baca tentang


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X