Cara Masak dan Simpan Edamame, Bisa Awet Sampai Setahun

Kompas.com - 30/09/2020, 12:21 WIB
Ilustrasi edamame yang dimasak. Dok. Shutterstock/Muna WalidIlustrasi edamame yang dimasak.

KOMPAS.com – Sebelum disantap, edamame harus dimasak terlebih dahulu entah dimasak dengan cara direbus, dikukus, atau ditumis.

Edamame tetap nikmat walaupun dimasak dengan berbagai cara. Jika masih bingung bagaimana cara mengolah edamame, berikut ini Kompas.com rangkum langkah-langkahnya.

1. Direbus

Cara merebus edamame yaitu masukkan edamame ke dalam panci berisi air mendidih yang ditambahkan garam. Masak selama lima hingga enam menit sampai kacang empuk.

Biji dan kulit edamame tidak perlu dipisahkan saat direbus. 

Jika edamame yang sudah masak baru dikeluarkan dari freezer, rebus edamame beku selama satu hingga dua menit. Tiriskan air panas dan bilas edamame dengan air dingin.

Baca juga: Apa itu Edamame? Camilan Enak dan Sehat untuk Jantung

2. Dikukus

Cara mengukus edamame masukkan sekitar tiga sentimeter air ke dalam panci dan didihkan. Letakkan edamame dalam keranjang kukusan, baki kukusan, atau saringan di atas air mendidih.

Tutup panci dan kukus selama lima sampai 10 menit untuk edamame segar. Bilas hingga dingin, jika diinginkan.

3. Ditumis

Edamame juga dapat ditumis di atas wajan wok yang panas. Cara ini bisa memberi edamame rasa berasap.

Langkah-langkahnya adalah masak edamame dalam wajan panas dengan api sedang cenderung besar.

Baca juga: 8 Manfaat Edamame untuk Kesehatan, Camilan Sehat nan Murah

Biarkan polongnya matang sampai hangus ringan, lalu balikkan ke sisi lainnya. Masak sampai empuk. Sajikan hangat atau panas.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X