Kompas.com - 30/09/2020, 11:19 WIB
Ilustrasi edamame Wikimedia CommonsIlustrasi edamame

KOMPAS.com - Edamame atau kacang kedelai muda, selain nikmat juga baik untuk kesehatan.

Dilansir dari Health line setidaknya ada delapan manfaat edamame untuk tubuh.

Edamame bisa menjadi alternatif camilan sehat kamu selama di rumah. Bahan makanan ini murah, sehat, dan mudah dimasak. Yuk simak manfaat edamame berikut ini:

Baca juga: Apa itu Edamame? Camilan Enak dan Sehat untuk Jantung

1. Tinggi protein

Edamame adalah salah satu sumber protein nabati terbaik. Faktanya, edamame sering dijadikan menu pola makan vegan dan vegetarian.

Secangkir (155 gram) edamame matang mengandung sekitar 18,5 gram protein. Selain itu, kedelai merupakan sumber protein utuh.

Tidak seperti kebanyakan protein nabati, kedelai mengandung semua asam amino esensial yang dibutuhkan tubuh. Walaupun kualitasnya tidak setinggi protein hewani.

2. Dapat menurunkan kolesterol, mencegah penyakit jantung

Studi observasi telah mengaitkan kadar kolesterol tinggi yang tidak normal dengan peningkatan risiko penyakit jantung.

Satu ulasan menyimpulkan bahwa makan 47 gram protein kedelai per hari dapat menurunkan kadar kolesterol total sebesar 9,3 persen dan kolesterol jahat sebesar 12,9 persen.

Analisis penelitian lain menemukan bahwa 50 gram protein kedelai per hari mengurangi kadar kolesterol jahat sebesar 3 persen.

Baca juga: Resep Bubur Kacang Hijau, Tanpa Santan Juga Enak

Dari beberapa penelitian tersebut, edamame kemudian diklaim sebagai protein nabati untuk pencegahan penyakit jantung.

Halaman:


Sumber Healthline
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X