5 Cara Sterilkan Stoples Kaca, Proses Penting untuk Bikin Selai atau Yoghurt Homemade

Kompas.com - 27/09/2020, 12:19 WIB
Ilsutrasi selai di dalam stoples. Dok. Shutterstock/5 second StudioIlsutrasi selai di dalam stoples.

KOMPAS.com - Sterilisasi adalah bagian penting dari pengawetan untuk menghilangkan bakteri, ragi atau jamur dari makanan dan wadah penyimpanan.

Proses ini juga melindungi makanan yang dimasukan ke dalam wadah agar dapat lebih awet. 

Sterilisasi adalah proses yang mudah dan cepat dilakukan, oleh karena itu sebaiknya tidak diabaikan. Apalagi jika kamu berencana membuat selai atau yoghurt sendiri di rumah. 

Melansir Nature Code dan The Spruce Eats sebelum mulai proses sterilisasi, siapkan wadah penyimpanan makanan berupa stoples kaca.

Baca juga: Sejarah Selai Buah, Makanan Para Petualang dan Bajak Laut

Stoples perlu dicuci bersih dengan air dan sabun. Bisa pula cuci stoples dengan campuran air dan cuka putih yang diguncangkan di dalam stoples.

Gunakan sikat kecil untuk menjangkau seluruh bagian dalam stoples. Kemudian bilas stoples dan keringkan.

Setelah stoples bersih dari kotoran, lanjutkan ke tahap sterilisasi berikut ini:

1. Metode oven

Metode ini adalah metode paling tepercaya untuk memastikan stoples benar-benar steril, tetapi waktunya akan sedikit lama.

Proses mensterilkan stoples dengan metode ini dimulai dengan memanaskan oven sampai suhu 130 derajat Celcius. Jangan lebih panas dari suhu tersebut.

Bentangkan koran di setiap rak oven. Jika kamu menggunakan oven gas, pastikan koran jauh dari api. Susun stoples di rak oven, pastikan stoples tidak saling bersentuhan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X