Kompas.com - 24/09/2020, 16:36 WIB
Ilustrasi creme brulee dengan topping buah. SHUTTERSTOCK/MAYA MORENKOIlustrasi creme brulee dengan topping buah.

KOMPAS.comCreme brulee adalah hidangan penutup dengan rasa manis yang asalnya dari Prancis. Hidangan ini terbuat dari adonan puding custard yang identik dengan karamel gosong di bagian atasnya.

Karamel gosong pada creme brulee ditambahkan ketika puding sudah matang, kemudian gula ditabur di atasnya dan digosongkan dengan blow torch.

Baca juga: Resep Creme Brulee khas Perancis, Ide Jualan Dessert Box

Cara menyantap creme brulee, bagian karamel dipecahkan dengan punggung sendok. Hidangan penutup ini memadukan tekstur lembut puding kustard dengan keras karamel.

Creme brulee pun juga bisa dikreasikan menjadi aneka resep hidangan manis lainnya, seperti hidangan di bawah ini.

1. Bomboloni creme brulee

Ilustrasi bomboloni creme brulee. Donat berisi krim susu dan dilapisi karamel. SHUTTERSTOCK/BUDOYO SANTOSO Ilustrasi bomboloni creme brulee. Donat berisi krim susu dan dilapisi karamel.

Bomboloni biasanya adalah adonan roti donat bulat dengan isian krim.

Pada resep ini, donat isi diberi siraman karamel ala creme brulee. Perpaduan lembutnya roti dengan karamel yang mengeras memberi rasa unik yang tetap nikmat disantap.

Baca juga: Resep Bomboloni Creme Brulee, Donat Goreng Berlapis Karamel

2. Creme brulee cake

Ilustrasi Creme brulee cake. SHUTTERSTOCK/JOB NARINNNATE Ilustrasi Creme brulee cake.

Kreasi crème brulee satu ini adalah memadukan puding kustard crème brulee dengan kue lembut sebagai alasnya. Penyajiannya bisa serupa dengan dessert box.

Kue lembut ditaruh sebagai dasar, lalu tutupi dengan adonan puding custard, panggang sampai mengeras.

Setelah jadi puding, taburi bagian atasnya dengan gula pasir dan bakar gula sampai menjadi karamel menggunakan blowtorch.

3. Chocolate creme brulee

Ilustrasi Chocolate creme brulee. SHUTTERSTOCK/MASLOVA VALENTINA Ilustrasi Chocolate creme brulee.

Cara membuat chocolate creme brulee sama seperti resep klasik crème brulee. Bedanya, pada adonan puding kustard ditambahkan cokelat batangan yang dilelehkan.

Rasa chocolate creme brulee kaya krim dengan perpaduan pahit manis cokelat. Cokelat yang digunakan pada resep sebaiknya pilih yang rasanya manis sedikit pahit.

Resep ini juga bisa jadi ide cara lain menikmati creme brulee.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X