Sejarah Pancake, Menu Sarapan yang Konon Ada Sejak Zaman Batu

Kompas.com - 20/09/2020, 09:09 WIB
Pancake yang mengembang dan lembut adalah tektur ideal makanan manis ini. PEXELS/Ioana MotocPancake yang mengembang dan lembut adalah tektur ideal makanan manis ini.

KOMPAS.comPancake kerap menjadi menu sarapan karena gampang dibuat.

Bahan utama pancake adalah tepung terigu, telur, gula, baking powder, dan susu. Cara membuat pancake, semua bahan dicampur, kemudian panggang di atas panci anti lengket atau teflon.

Baca juga: Resep Pancake Lembut ala Jepang, Menu Sarapan Enak dan Praktis

Menurut The Nibble, pancake didefinisikan sebagai kue pipih yang terbuat dari adonan tipis. Kedua sisi pancake dimasak di atas wajan.

Jauh sebelum menjadi menu sarapan umum di Amerika, pancake telah ada sejak bertahun-tahun lalu. Lantas bagaimana sejarah pancake?

Jejak pancake ada sejak zaman Batu

Ilustrasi Pancake OreoDok. Shutterstock Ilustrasi Pancake Oreo

Melansir National Geographic, peneliti menemukan bekas butir pati pada alat penggiling berusia sekitar 30.000 tahun.

Hal tersebut menunjukkan bahwa juru masak dari zaman Batu membuat tepung dari cattail (sejenis rumput panjang) dan pakis.

Menurut peneliti, juru masak tersebut mencampur tepung dengan air. Kemudian memanggangnya di atas batu panas yang mungkin juga diminyaki.

Penemuan tersebut dianggap sebagai awal mula hadirnya pancake.

Penemuan lain terkait pancake atau kue yang mirip pancake, makanan ini tampaknya menjadi menu diet umum pada 5.300 tahun lalu.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X