Curahan Hati Pemilik Restoran akan Larangan Dine In di Jakarta

Kompas.com - 18/09/2020, 17:06 WIB
Ilustrasi restoran sepi tanpa pengunjung. Dok. Shutterstock/Viktoriya PavliukIlustrasi restoran sepi tanpa pengunjung.

KOMPAS.com - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta kembali melarang pengunjung makan di tempat ( dine in) sejak Pembatasan Sosial Berskala Besar ( PSBB) diperketat mulai Senin (14/9/2020).

Kebijakan ini disampaikan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat konferensi pers di Balai Kota, Jakarta Pusat yang disiarkan melalui Youtube Pemprov DKI, Minggu (13/9/2020).

Baca juga: Bagaimana Restoran All You Can Eat di Jakarta Bertahan pada Masa PSBB?

“Karena dadakan informasinya (PSBB) kita sebagai pelaku restoran shock (kaget)," jelas Ketua Asosiasi Lisensi Indonesia (ASENSI) dan Ketua Pengembangan Resto PHRI, Susanty Widjaya kepada Kompas.com, Senin (14/9/2020).

"Kita sudah mulai bangkit, sudah mulai buka, sudah ada kenaikan, tapi belum normal. Eh kita harus PSBB lagi,” lanjutnya.  

Susanty merupakan CEO dari beberapa restoran seperto Bakmi Naga Resto, Batavia Cafe, Batavia Coffee, B Cafe, Dapur Batavia, Mie & Batavia, dan Bebek Garing.

Ia mengatakan jika keputusan tersebut membawa dampak yang luar biasa bagi para pelaku usaha kuliner.

Sebab saat masa transisi pelaku restoran sudah memaksimalkan inovasi untuk mendongkrak penjualan yang sempat turun saat PSBB pertama. 

Restoran harus menyediakan tempat cuci tangan di luar restoran sebelum tamu dan karyawan masukBiro Puskompublik Kemenparekraf Restoran harus menyediakan tempat cuci tangan di luar restoran sebelum tamu dan karyawan masuk

“Semua itu kita lakukan sebagai upaya agar pengunjung datang dan bisa tetap dine in dengan tetap mengikuti protokol kesehatan di restoran," papar Susanty.

"Lalu saat ini diberlakukan aturan tidak boleh dine in, hal ini dapat menggerus penjualan serta dipastikan (penjualan) menurun,” lanjutnya. 

Ia juga memaparkan bahwa PSBB kali ini juga berdampak bagi karyawan yang sudah mulai memupuk harapan untuk bisa bekerja kembali. Sayangnya harus tertunda karena PSBB yang diperketat.

Baca juga: Promo 8 Restoran Hotel dengan Layanan Pesan Antar Makanan, Kempinski Indonesia sampai The Grove Suites

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X