Kisah Ignasius Jonan Berkebun Hidroponik, Manfaatkan Waktu Pensiun

Kompas.com - 17/09/2020, 15:21 WIB
ignasius jonan di tengah kebun hidroponik rumahnya yang terletak di pekarangan rumah miliknya Dok. Ignasius Jonanignasius jonan di tengah kebun hidroponik rumahnya yang terletak di pekarangan rumah miliknya

KOMPAS.com – Berkebun hidroponik di rumah sendiri jadi aktivitas baru Ignasius Jonan.

Pasca-pensiun dari kementerian akhir 2019 lalu, mantan Menteri Energi Sumber Daya dan Mineral ini mulai bercocok tanam hidroponik dengan menanam aneka sayuran di pekarangan rumahnya.

Baca juga: Tips Tanam Sayuran dengan Metode Hidroponik di Ruangan Tertutup, Cocok untuk Anak Kos

“Waktu saya pensiun kan kegiatannya langsung menurun banyak. Jadi cari hobi yang kira-kira bisa menarik saya dan ada manfaatnya baik untuk saya atau orang lain,” kata Jonan ketika dihubungi Kompas.com, Kamis (17/9/2020).

Ia memilih melakukan kegiatan bercocok tanam karena hal itu ia rasa cukup menantang. Pria kelahiran Singapuran 57 tahun lalu ini memang tak punya pengalaman apa pun sebelumnya di dunia bercocok tanam.

Baca juga: Alat-alat yang Perlu Disiapkan untuk Berkebun Metode Hidroponik

“Kira-kira hal yang tidak pernah saya lakukan dalam hidup saya. Saya enggak sekolah pertanian. Dalam karier saya juga enggak ngurus soal pertanian,” sambung dia.

ignasius jonan di tengah kebun hidroponik miliknyaDok. Ignasius Jonan ignasius jonan di tengah kebun hidroponik miliknya

Bercocok tanam di masa pandemi

Selama pandemi Covid-19, banyak tren baru bermunculan tentang bagaimana cara mengisi waktu di rumah.

Aktivitas bercocok tanam yang dilakukan Jonan ini juga jadi salah satu cara dirinya mengisi waktu kosong yang berlebihan.

Apalagi setelah pensiun, ia mengaku kegiatan yang biasa ia lakukan di luar rumah langsung menurun drastis.

Bercocok tanam dengan cara hidroponik ini jadi hobi baru baginya yang ternyata cukup ia rasakan manfaatnya selama masa pandemi ini.

Baca juga: Cara Tanam Selada dan Sawi dengan Metode Hidroponik, 30 Hari Panen

Aktivitas ini memberikan kegembiraan tersendiri bagi diri Jonan selain bisa mengisi waktunya yang kosong.

Pasalnya bercocok tanam memang membutuhkan perawatan rutin setiap harinya untuk menjaga kondisi tanaman tetap baik.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X