Jangan Goreng Tempe yang Kamu Beli, Ini Alasannya...

Kompas.com - 16/09/2020, 08:16 WIB
Ilustrasi kripik tempe Yessi Frenda / shutterstockIlustrasi kripik tempe

KOMPAS.com  - Olahan makanan berbahan tempe banyak dijual di Jawa. Sebut saja tempe mendoan, tempe bacem, keripik tempe dan masih banyak lagi.

Tempe yang memiliki gizi tinggi ternyata tak sembarangan dapat diolah. Jika cara mengolahnya salah, gizi pada tempe dapat berkurang.

Guru Besar Departemen Ilmu dan Teknologi Pangan Institut Pertanian Bogor yang juga sekaligus Ketua Forum Tempe Indonesia, Made Astawan, mengatakan banyak kandungan di dalam tempe yang bisa menambah lezat dan sehat jika dimasak dengan benar.

Baca juga: Jangan Salah, Ini Cara Terbaik Mengonsumsi Tempe

Ia mengatakan jika di dalam tempe ada mahluk hidup, ada prebiotik yang dimakan berwujud mikroba dalam keadaan hidup bernama bakteri asam laktat. 

Bakteri ini sama seperti yang ada di yoghurt. Bahkan di dalam tempe bakteri asam laktat lebih tinggi, apalagi jika dimasak dengan benar dan kualitas tempenya baik.

Made mengatakan bakteri prebiotik itu hanya satu dari sekian kandungan bermanfaat di dalam tempe.

Namun sayangnya, bakteri baik itulah yang mudah rusak jika dipanaskan.

Oleh karena itu jika ingin bermanfaat bagi pencernaan, idealnya jangan memak tempe dengan metode yang sangat panas seperti digoreng.

Baca juga: Kenapa Lebih Banyak Varian Olahan Tempe di Jawa Tengah Dibanding di Jawa Barat?

Jangan menggoreng tempe

Ilustrasi sate tempe. Dok. Shutterstock/Agung Pewe Ilustrasi sate tempe.

Selain menghancurkan bakteri baik pada tempe, Made menyebutkan saat tempe digoreng juga akan merusak kandungan minyak kedelai. 

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X