Berkenalan dengan Kopi Gunung Puntang, Salah Satu Kopi Terbaik Dunia

Kompas.com - 13/09/2020, 15:05 WIB
Ilustrasi ceri kopi dalam paparan sinar matahari. SHUTTERSTOCK/NAMPHON2UIlustrasi ceri kopi dalam paparan sinar matahari.


KOMPAS.com – Kopi Gunung Puntang adalah salah satu kopi asal Jawa Barat yang telah naik daun sejak beberapa tahun terakhir.

Biji kopi ini namanya semakin berkibar terutama di kancah internasional setelah berhasil menyabet penghargaan di ajang Specialty Coffee Association of America Expo di Atlanta, Amerika Serikat, 14-17 April 2016.

Kopi Gunung Puntang berhasil menyabet peringkat pertama dalam kategori rasa.

Biji kopi di Gunung Puntang telah dibudidayakan secara fokus sejak 2007 lalu. Di sana, ada sekitar 270 hektar lahan perkebunan kopi dengan sekitar 180 petani.

Baca juga: Biji Kopi Kampoeng Genting Asal Temanggung, Seperti Apa Rasanya?

Kerja sama berbagai pihak

Di Jawa Barat terdapat Paguyuban Sunda Hejo yang membawahi hampir seluruh petani kopi di Jawa Barat. Selain itu ada juga perusahaan seperti PT. Olam Indonesia yang terlibat dalam memberi perkembangan para petani kopi di sana.

Dadang Hendarsyah, Unit Head dan ICS Manager PT. Olam Indonesia Sunda Cluster mengatakan bahwa hampir 90 persen petani di Jawa Barat beroperasi di lahan milik Perhutani.

“Jadi mereka menyewa satu kumpulan. Ada Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH). Mereka punya kelompok, yaitu petani-petani yang akan menggarap kebun di daerah Perhutani, di bawah LMDH,” jelas Dadang ketika dihubungi Kompas.com, Selasa (8/9/2020).

Para petani termasuk di Gunung Puntang juga berada di bawah LMDH dan KTH atau Kelompok Tani Hutan.

Perkebunan kopi di gunung puntangDok. Pribadi Dadang Hendarsyah Perkebunan kopi di gunung puntang

Sistemnya berupa kerja sama. Dadang menjelaskan, pada awalnya para petani mulai menanam kopi di hutan selama kurang lebih dua tahun.

Pasalnya ketika mulai menanam kopi dibutuhkan waktu sekitar 2-3 tahun sampai waktu siap panen.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X