Kompas.com - 10/09/2020, 17:08 WIB
Ilustrasi biji kopi di dalam karung goni. SHUTTERSTOCK/MEENZFOTOIlustrasi biji kopi di dalam karung goni.


KOMPAS.com – Salah satu dusun yang dikenal sebagai penghasil kopi di Temanggung adalah Dusun Krempong.

Biji kopi dari Dusun Krempong ini banyak diminati para pencinta kopi.

Andi Widdaya Sofyana adalah salah satu petani kopi di Dusun Krempong. Ia sendiri telah menekuni bisnis kopi ini sejak 2018 lalu lewat merk dagang Kopi Kampoeng Genting.

Baca juga: Mengenal Kopi asal Dusun Krempong di Temanggung, Jawa Tengah

Andi memiliki delapan kebun yang tersebar di beberapa area di Dusun Krempong. Semuanya merupakan milik ia dan keluarganya.

Menurut Andi, kopi dari Temanggung sudah cukup terkenal sebagai salah satu jenis kopi yang punya rasa bagus dengan kualitas yang baik serta memiliki potensi yang begitu besar.

Green bean Kopi Kampoeng Genting varian robustaDok. Instagram @kopi_kampoeng_genting Green bean Kopi Kampoeng Genting varian robusta

Potensi ekspor biji kopi asal Temanggung

Kualitas yang mumpuni ini membuat biji kopi asal Temanggung produksi Andi juga sudah cukup banyak diminati oleh pelanggan dari luar Indonesia.

“Orang Amerika ada teman saya kunjungan ke sini. Dia memproses kopi di sini, goreng sendiri di wajan, petik sendiri. Ketika mau pulang ke Amerika sana dia minta kopi itu dibungkuskan untuk oleh-oleh,” kata Andi.

Baca juga: Kopi Kampoeng Genting Temanggung, Upaya Lepas dari Tengkulak yang Berbuah Manis

Namun sayangnya untuk melakukan ekspor secara luas, Andi mengaku masih kesulitan. Salah satu kendalanya ada pada perizinan.

Pasalnya, kata Andi, satu-satunya perusahaan yang memiliki izin untuk melakukan ekspor di area Jawa baru berada di Surabaya saja. Selain itu melakukan ekspor rasanya sangat sulit.

“Kalau pakai pos (mengirimnya) itu mahal di ongkos kirim. Harga kopi paling tidak harus seimbang (dengan ongkos kirim)," kata Andi.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X