Sejarah Waffle, Benarkah Berasal dari Wafer?

Kompas.com - 08/09/2020, 11:11 WIB
Ilustrasi waffle biasa dengan topping sirup maple dan ayam goreng khas Amerika ShutterstockIlustrasi waffle biasa dengan topping sirup maple dan ayam goreng khas Amerika

KOMPAS.com – Nama waffle sudah tidak asing lagi bagi sebagian besar orang. Di Indonesia, waffle adalah sejenis camilan yang sering jadi jajanan bagi anak-anak maupun orang dewasa.

Sementara di negara luar, waffle jadi salah satu makanan yang populer dijadikan menu sarapan.

Baca juga: Sejarah Brownies, Kue Cokelat Bantat yang Mudah Dibuat

Waffle terkenal sebagai kudapan manis yang sering disajikan dengan aneka topping seperti krim, buah, cokelat hingga es krim.

Kini pun ada momen istimewa yang disebut sebagai pekan waffle pada tanggal 6-12 September.

Di balik kepopulerannya akan menarik jika kita mengetahui cerita dan sejarah tentang waffle, seperti yang dikutip dari Kompas.com berikut ini.

Apa itu waffle dan jenis-jenisnya?

Waffle adalah salah satu kudapan yang membuat negara Belgia terkenal, selain dari cokelat. Istilah Belgian waffle atau waffle khas Belgia, mungkin tidak asing atau pernah kita dengar sebelumnya.

Namun, tak hanya Belgian waffle jenis lain dari waffle juga ada yang bernama waffle Brussel yang berbentuk persegi.

Waffle Brussel biasanya disajikan di banyak negara dengan barbagai macam topping manis sebagai sajian sarapan.

Ada pula waffle Liege, yaitu masih “sepupuan” dengan waffle Brussels dengan bentuk oval. Perbedaan dua waffle ini terlihat dari bentuknya, waffle brussels berbentuk persegi dengan lubang-lubang sempurna serta adonan yang mengembang.

Sementara waffle Liege terlihat lebih tipis dengan adonannya dibuat dari adonan brioche dan ditambahkan potongan gula karamel, sehingga rasa waffle Liege lebih kaya dan lengket di bagian dalam.

Ilustrasi waffle dalam cetakanShutterstock Ilustrasi waffle dalam cetakan

Sejarah waffle khususnya waffle Brussels

Kapan tanggal pasti dari kemunculan waffle Brussels serta siapa penciptanya belum ada yang mengetahuinya.

Namun pada sebuah tulisan, dijelaskan soal waffle Brussels pertama kali ada pada tahun 1847, meski bisa dibilang waffle Brussels bahkan sudah ada lebih lama dari itu.

Kata ‘waffle’ pertama kali muncul di literatur Brussels sejak tahun 1604 dan juga pada karikatur kemerdekaan Belgia tahun 1830.

Selain itu, pada gambar yang menunjukkan Tahta Willem I, raja pertama Belanda dan Grand Duke of Luxembourg, juga terdapat gambar waffle di dalamnya.

Industri waffle di Belgia hadir pada awal abad ke-19. Banyak keluarga Brussels yang membuka toko waffle di rumahnya.

Salah satu bakers (tukang roti) paling terkenal di Belgia juga menambahkan ragi ke dalam adonan waffle.

Lalu perlahan, reputasi Belgia sebagai tempat pembuatan waffle menyebar ke negara tetangga seperti Perancis, Jerman, dan Belanda.

Kepopuleran waffle di dunia internasional begitu terasa ketika waffle Brussels muncul di World Fair tahun 1964 yang digelar di New York.

Salah satu stan makanan bernama ‘Bel-gem’ yang dikelola oleh Murice Vermeersch menyajikan sekitar 2.500 waffle setiap harinya dengan topping stroberi dan whipped cream di acara tersebut.

Orang Amerika hingga Jepang terkesima dengan tekstur waffle yang ringan dan empuk yang disajikan pada acara pameran serupa.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang


Sumber Kompas.com
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X