Kompas.com - 06/09/2020, 13:07 WIB
Ilustrasi telur omega. Dok. Shutterstock/ Kiki DauliIlustrasi telur omega.


KOMPAS.com – Kamu mungkin familiar dengan istilah telur omega 3 di pasaran. Banyak minimarket di Indonesia yang kini juga menjual telur omega 3. 

Konon mengonsumsi telur omega 3 lebih baik untuk kesehatan daripada telur ayam biasa. Apa benar?

Prof. Dr. Ir. Niken Ulupi, MS., dari Departemen Ilmu Produksi dan Teknologi Peternakan, Fakultas Peternakan IPB menjelaskan bahwa komponen pada kuning telur biasa adalah protein, lemak, vitamin, dan mineral yang tinggi.

Baca juga: 4 Cara Pilih Telur Bagus yang Masih Segar, Tips dari Ahli

“Lemak itu komponen terkecilnya asam lemak. Asam lemak ada yang jahat, ada yang baik. Asam lemak yang baik salah satunya omega 3,” kata Niken ketika dihubungi Kompas.com, Kamis (3/9/2020).

“Itu asam lemak baik yang diperlukan tubuh. Dulu telur hanya sebagai sumber protein hewani. Tapi sekarang itu dijadikan pangan fungsional dengan menghasilkan telur yang punya nutrien tertentu yang dibutuhkan tubuh, misalnya omega 3 ini,” sambung dia.

Jadi telur omega 3 adalah telur yang mengandung asam lemak omega 3 yang lebih tinggi daripada telur biasa.

Baca juga: Berapa Lama Telur Dapat Disimpan?

Tingginya kadar omega 3 pada telur tersebut diperoleh dengan cara memberi pakan yang tinggi kandungan omega 3 pada ayam penghasil telur.

Ini bertujuan agar kandungan omega 3 yang ada pada pakan, bisa terserap oleh telur.

Ilustrasi telur ayam. SHUTTERSTOCK/Shulevskyy Volodymyr Ilustrasi telur ayam.

Keunggulan telur omega 3

Telur omega 3, kata Niken, memang bisa dibilang sangat baik bagi kesehatan tubuh.

Omega 3 yang merupakan asam lemak baik bisa mencegah berbagai penyakit, salah satunya adalah penyakit jantung.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X