Kompas.com - 04/09/2020, 11:03 WIB
Ilustrasi klepon, kue tradisional Indonesia. Dok. Shutterstock/Riki Risnandar PhotoProIlustrasi klepon, kue tradisional Indonesia.

KOMPAS.comKue tradisional indonesia ada beberapa yang menggunakan isian manis dari gula merah.

Gula merah cair sebagai isian kue menonjolkan kekhasan kue tradisional Indonesia. Rasa manis dari gula merah pun tidak membuat enek kudapan-kudapan kue tradisional ini.

Apa saja kue tradisional indonesia dengan isian gula merah? Berikut ini daftarnya:

Baca juga: 6 Jenis Gula untuk Bikin Kue, Brown Sugar sampai Gula Kastor

1. Klepon

Klepon adalah kue dari tepung beras ketan berbentuk bola-bola berwarna hijau berselimutkan parutan kelapa. Sebagai isiannya, klepon identik dengan gula merah.

Saat klepon direbus, isian gula merah padat menjadi cair, dan ketika klepon digigit, cairan gula merah akan lumer di mulut.

Rasa manis gula merah sepadan dicampurkan dengan klepon berselimut parutan kelapa. Kue tradisional satu ini adalah kudapan yang disukai oleh banyak orang dan sering hadir dalam acara perayaan.

2. Kue putu bambu

Kue putu di indonesia ada macam-macam jenisnya. Kue putu satu ini lebih dikenal dengan nama putu atau putu bambu, karena saat dimasak kue ini dicetak di dalam potongan bambu.

Baca juga: Apa Bedanya Gula Aren dan Gula Merah, Pemanis Kue Tradisional

Putu pun sangat dikenal dengan cara memasaknya yang khas, yaitu dikukus di atas kukusan khusus yang mengeluarkan bunyi khas seperti kereta api.

Putu mempunyai bentuk seperti tabung kecil berwarna hijau dengan isian gula merah. Saat dihidangkan, putu akan diberi taburan parutan kelapa dan juga gula pasir.

Bahan dasar kue putu ini terbuat dari tepung beras butiran kasar. Biasanya kue putu dijual oleh pedagang keliling ketika malam mulai datang.

Kue rangin buatan Bejo warga Desa Bedagung Kabupaten Magetan. Bejo merupakan salah satu pengrajin kue rangin yang  masih menjaga eksistensi kue tradisional yang semakin langka.KOMPAS.COM/SUKOCO Kue rangin buatan Bejo warga Desa Bedagung Kabupaten Magetan. Bejo merupakan salah satu pengrajin kue rangin yang masih menjaga eksistensi kue tradisional yang semakin langka.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X