6 Kafe Instagramable Dekat Tempat Wisata Yogyakarta, Tamansari Cafe sampai 0 Km Coffee

Kompas.com - 29/08/2020, 17:07 WIB
Jeeva, salah satu kafe di Yogyakarta Intagram: thecluelesscoffeeJeeva, salah satu kafe di Yogyakarta

KOMPAS.com - Kafe hits dan instagramable dekat tempat wisata di Yogyakarta dapat menjadi tujuan setelah puas jalan-jalan.

Beragam kafe berada tak jauh dari spot wisata terkenal seperti Kraton Jogja hingga titik nol kilometer.

Baca juga: Inspirasi Kafe Sereal Pertama di Indonesia, Day Dreaming Cereal di Yogyakarta

Meski kini bisa mengunjungi kafe, pembeli tetap harus mematuhi protol kesehatan yang ada seperti mencuci tangan atau memakai hand sanitizer, menjaga jarak, dan mengunakan masker.

Berikut 6 kafe dekat lokasi wisata Yogyakarta yang bisa didatangi saat berwisata.

1. Tamansari Cafe

Tamansari Cafe, berlokasi di parkiran Taman Saritamansaricafe Tamansari Cafe, berlokasi di parkiran Taman Sari

Kafe yang berlokasi di parkiran Taman Sari, dengan konsep outdoor dan jadul yang bisa membuat pengunjung merasakan nuasan tempo dulu saat mendatangi kafe ini.

Lokasi duduk yang dikelilingi tanaman baik yang di tanah atau digantung menambahkan suasana teduh dan nyaman.

Kafe ini tak hanya menyajikan macam-macam kopi, tapi juga kopi dengan toping boba.

Bagi yang tidak bisa minum kopi, tersedia juga latte tanpa kopi, mojito, teh, coklat dan minuman sehat seperti kunir asem.

Menu makanan ringan sampai makanan berat pun ada, seperti platter dan pasta. Harga untuk minuman berkisar Rp 15.000 - Rp 22.000, untuk makanan ringan dipatok dari Rp 14.000, makanan beratnya tidak lebih dari Rp 30.000.

Meski sedang kondisi pandemi, pengunjung bisa dengan tenang bercengkramam karena kafe ini berkonsep outdoor. Selain itu staf yang melayani juga bekerja dengan protokol kesehatan.

Kafe Taman Sari ini mulai buka dari pukul 14:00 - 22:00 WIB saat hari kerja, sedangkan pada akhir pekan jam 10:00 - 23:00 WIB.

Kafe ini terletak di Kompleks Taman Sari No 1/310, Patehan, Kraton sehingga untuk menuju kafe ini cuma perlu berjalan kaki selama 2 menit dan dari Alun-alun hanya memerlukan waktu 5 menit.

2. Kalluna

Kalluna, salah satu kafe yang instagramableIntagram: kalluna_id Kalluna, salah satu kafe yang instagramable

Kalluna, dengan interior dengan kesan bohemian-hippie dan putih bersih menjadikan kafe ini cocok untuk pemburu tempat foto untuk OOTD (outfit of the day).

Tak hanya interiornya yang memanjakan mata, ragam menu yang ada bisa memuaskan pengunjung.

Tersedia hidangan dari berbagai belahan dunia seperti pasta, pizza, steak, nachos, salad, teriyaki, kari, dan tentunya makanan Indonesia nasi goreng dan bebek goreng.

Meski didominasi makanan berat Kalluna juga menyajikan olahan minuman kopi. Dari espresso, latte dengan kopi atau tidak, dan cappucino terdapat di menu Kalluna.

Tempat makan ini berlokasi di Jl. Sajiono No.13, Kotabaru, Gondokusuman, Yogyakarta.

Area Kotabaru sendiri dekat dengan beberapa lokasi wisata seperti Tugu Jogja dan Malioboro.

Kalluna buka tiap harinya, pada Senin-Kamis buka jam 10:00 hingga 21:00 WIB, dan akhir pekan jam 10.00-22:00 WIB.

3. Sapulu Coffee

Sapulu, kafe yang berdekatan dengan Keraton YogyakartaIntagram: thecluelesscoffee Sapulu, kafe yang berdekatan dengan Keraton Yogyakarta

Sapulu Coffee yang baru berdiri 2019 mengusup menggunakan interior desain lawas. Funiture seperti kursi rotan, bangku kayu panjang, serta deretan meja marmer. Memperkental nuansa tempo dulu di Sapulu.

Dekat dengan area Kraton Jogja, alamat kafe ini di Jalan Panembahan Mangkurat No. 10 Kraton Yogyakarta. Kedai kopi ini siap menyajikan kopinya mulai jam 12.00 hingga 22.00 WIB.

Kedai kopi dengan nuansa klasik ternyata didalam sebuah penginapan BnB yang instagenic, The Chendela.

Sehingga pengunjung yang mencari lokasi penginapan daerah Keraton bisa menggunakan akomodasi ini sembari minum kopi di Sapulu.

Untuk kopinya sendiri patut menjajal, signature drinks Sapulu. Salah satu signature drinks dari Sapulu adalah Kopi Wedang, kopi dengan rempah khas Jawa.

Tidak hanya kopi racikan dari Sapulu ada pula macam-macam kopi baik impor atau lokal yang diekstraksi secara manual. Ada pula americano, cappucino, latte.

Jika kopi bukan pilihan utama masih ada minuman lainnya seperti ice matcha latte, hot taro, artisanal tea seperti green tea, dan chamomile tea.

Sapulu Coffee dalam menyajikan tehnya menggunakan tea set keramik handmade dalam negeri, untuk kopi, pengunjung juda disediakan sedotan stainless yang ramah lingkungan.

Selain minuman Sapulu juga menyediakan snack untuk menemai pengunjung ngopi. Tersedia kentang goreng, risol goreng, dan roti panggang.

Sehingga pembeli tak perlu khawatir perut keroncongan saat bincang hangat sambil minum kopi di Sapulu.

Jika ingin mengunjungi Sapulu, pembeli perlu menyiapkan uang kisaran Rp 20.000-Rp36.000 untung menikmati kopi.

Manual brew sendiri dipatok harga dari Rp18.000, untuk signature drinks dengan Rp 30.000 bisa membeli salah satu varian menu.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X