Mencoba Bir Pletok dari Setu Babakan, Minuman Tandingan Wine Belanda

Kompas.com - 29/08/2020, 14:14 WIB
Ilustrasi bir pletok, wine tanpa alkohol khas Betawi. SHUTTERSTOCK/ARIYANI TEDJOIlustrasi bir pletok, wine tanpa alkohol khas Betawi.

JAKARTA, KOMPAS.com - Bir pletok minuman khas dari suku Betawi yang menjadi salah satu sajian dalam acara adat Betawi seperti pernikahan.

Keinginan masyarakat untuk merasakan sensasi minuman keras menjadi faktor lahirnya minuman yang memberi efek hangat seperti minum beralkohol tapi menyehatkan tubuh.

Baca juga: Asal-usul Bir Pletok, Bir Tanpa Alkohol Khas Betawi

Pelestarian bir pletok kini terpusat pada Kampung Budaya Betawi Setu Babakan, yang juga kampung budaya Betawi.

Bir pletok beragam kemasan di Setu Babakan

Bir pletok botolan di antara minuman kemasan lainnya. KOMPAS.com/THERESIA AMADEA Bir pletok botolan di antara minuman kemasan lainnya.

Di Setu Babakan hampir setiap warung yang ada menjajakan bir pletok dalam berbagai bentuk seperti, botol, serbuk, dan ada juga yang diseduh.

Tak hanya menjual bir pletok, di Setu Babakan terdapat juga Usaha Kecil Menengah (UKM) yang menjadi produsen terbesar bir pletok di sekitar kampung budaya tersebut.

Endang Suratman, pemiliki UKM bir pletok Setu yang akrab disapa Bang Uut menjelaskan bahwa cikal bakal hadirnya bir pletok karena keinginan masyarakat pada masa penjajahan untuk mencicipi wine.

Tandingan wine Belanda

"Referensi dari Bang JJ Rizal seorang budayawan Betawi. Bir pletok sebagai budaya tanding dari wine Belanda. Orang Batavia yang notabene Muslim enggak boleh minum alkohol, akhirnya dibuat minuman halal tapi menyehatkan," kata Bang Uut saat ditemui di Setu Babakan (28/01/2018).

Menurut Bang Uut, pada masa kolonial Belanda suatu pesta yang diadakan oleh orang-orang Belanda suasana pesta akan makin meriah jika banyak wine yang dituang.

Hal tersebut juga ada pada orang Betawi yang mengikuti gaya tersebut, diselenggarakan pesta atau hajatan seperti sunatan dan pernikahan bir pletok selalu ada.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X