Daftar 11 Kuliner Legendaris di Teras Surken Bogor, dari Soto Kuning Pak Yusup sampai Bir Kocok

Kompas.com - 28/08/2020, 19:03 WIB
Bir Kotjok, salah satu minuman tradisional khas Bogor yang kini sulit dijumpai. KOMPAS.com/Muhammad Irzal AdiakurniaBir Kotjok, salah satu minuman tradisional khas Bogor yang kini sulit dijumpai.

KOMPAS.com - Sepanjang Jalan Suryakencana di Bogor terkenal sebagai kawasan kuliner khas Bogor ang melegenda.

Kini para pedagang dipindah ke pusat kuliner Teras Surken di Gang Bata, Jalan Suryakancana, tepatnya di samping Plaza Bogor. Sebelumnya lokasi ini adalah tempat parkir dan pedagang kaki lima.

Baca juga: Teras Surken Bogor, Tempat Jualan Baru Pedagang Makanan Legendaris Suryakencana

Adanya Teras Surken, berarti pengunjung hanya perlu menyambangi satu lokasi dan para pedagang kuliner legendaris berkumpul di sana.

Berikut adalah 11 daftar lapak kuliner legendaris di Teras Surken, yang pindah dari trotoal Jalan Suryakencana. Ada 38 tenant di Teras Surken:

  • Es Pala Pak Ujang sejak 1949
  • Laksa Mang Wahyu sejak 1955
  • Bir Kocok sejak 1965
  • Soto Mie Pak Fauzy sejak 1974
  • Cungkring Jumat sejak 1975
  • Soto Bang Ali sejak 1995
  • Soto Pak Yusup sejak 1977
  • Rujak Ulek Suryakancana sejak 1980
  • Asinan Jagung Bakar sejak 1984
  • Toge Goreng Pak Raifan sejak 1982
  • Nasi Kuning Suryakancana sejak 1993

Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto mengapresiasi perjalanan para pedagang kuliner legendaris di Suryakencana.

"Ini babak baru bagi kehidupan mereka ini adalah pertarungan besar bagi kebutuhan mereka ini adalah keputusan terbesar bagi karir mereka," kata Bima, Kamis (27/8/2020) saat mengisi sambutan.

Baca juga: 10 Makanan di Suryakencana Bogor untuk Wisata Kuliner

Cungkring pak Jumat, yang ada di Jalan SuryakencanaKompas.com / Gabriella Wijaya Cungkring pak Jumat, yang ada di Jalan Suryakencana

Teras Surken sudah mulai beroperasional dam memberlakukan aturan transaksi non tunai.

Pengunjung dapat melakukan transaksi digital melalui scan QRIS bank bjb menggunakan bjb Digicash atau uang elektronik lainnya dan melalui mesin EDC Point Of Sales menggunakan kartu debit GPN.

Selama pandemi, tetap patuhi protokol kesehatan jika berkunjung ke Teras Surken. Ada baiknya untuk bungkus makanan daripada makan di tempat.

Baca juga: Resep Asinan Buah khas Bogor, Camilan Sehat dan Menyegarkan

Artikel ini telah tayang di tribunnewsbogor.com dengan judul 11 Kuliner Legendaris di Teras Surken Bogor, Es Pala Pak Ujang hingga Asinan Jagung Bakar,

https://bogor.tribunnews.com/2020/08/27/11-kuliner-legendaris-di-teras-surken-bogor-es-pala-pak-ujang-hingga-asinan-jagung-bakar

Penulis: Lingga Arvian Nugroho
Editor: Ardhi Sanjaya

 



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X