Kompas.com - 28/08/2020, 11:06 WIB
Ilustrasi daging Shutterstock/Dragon_FlyIlustrasi daging

KOMPAS.com - Daging merah punya manfaat untuk kesehatan tubuh, khususnya bila dikonsumsi pada masa pandemi seperti sekarang.

Hal ini disampaikan oleh Pakar Nutrisi Emilia Achmadi pada peluncuran kampanye #BeefUp dari Meat & Livestock Australia dalam acara virtual, Kamis (27/8/2020).

“Selain protein, daging merah mengandung nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh kita. Antara lain zat besi, zinc, Omega 3, dan Vitamin B12,” jelas Emilia.

Ia melanjutkan jika berbagai nutrisi dalam daging merah berperan dalam pertumbuhan, sistem kekebalan tubuh, dan kesehatan jantung. 

Baca juga: 5 Cara Membuat Daging Empuk, Teknik Potong sampai Pakai Bahan Alami

Jumlah konsumsi daging menjadi hal yang penting untuk diperhatikan ketika mengonsumsi daging.

Saran Emilia setidaknya dalam satu minggu dapat mengonsumsi 300 gram hingga 500 gram daging merah.

Tak hanya itu, kualitas daging juga harus diperhatikan untuk mendapatkan nutrisi yang maksimal. 

Baca juga: Cara Rebus Daging Hemat Gas, Hanya Butuh 7 Menit

Ilustrasi daging sapiShutterstock/Stoker20 Ilustrasi daging sapi

Supply Chain Technical Specialist Meat & Livestock Australia, David Carew, yang hadir dalam acara peluncuran kampanye #BeefUp menjelaskan pentingnya mengetahui kualitas daging yang dikonsumsi. 

“Sistem keamanan pangan, jaminan kualitas, dan keterlacakan dari peternakan ke piring yang komprehensif merupakan integritas industri daging merah Australia," paparnya

Ia menekankan industri daging merah Australia memanfaatkan sistem pakan rumput dan biji-bijian untuk ternak. 

Baca juga: Resep Bakso Sapi Rumahan, Bisa Pakai Blender

Carew juga menyebutkan Australia memiliki komitmen terhadap standar ketat yang diperlukan untuk memproduksi daging dan produk olahan yang halal.

“Produsen daging Australia terus bekerja sama dengan beberapa organisasi Islam yang terdaftar untuk mengawasi dan melakukan sertifikasi proses produksi daging," jelas Carew. 

"Daging sapi Australia yang diekspor ke Indonesia pun telah mendapat sertifikasi halal dari Majelis Ulama Indonesia,” pungkasnya. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.