Mengenal Coto Manggala, Soto Singkong khas Pangkalan Bun

Kompas.com - 25/08/2020, 17:55 WIB
Ilustrasi Coto manggala dok. kompasianaIlustrasi Coto manggala

KOMPAS.com - Indonesia mempunyai beragam sajian soto, mulai dari soto Betawi sampai soto Banjar.

Salah satu soto unik di Indonesia adalah coto manggala khas Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah.

Baca juga: Masak Soto Banjar, Alternatif Pengental Selain Susu Kental Manis

Melansir Kompasiana.com, arti dari coto manggala adalah soto dan manggala.

Manggala sendiri adalah bahasa Kotawaringin yang berarti ketela atau singkong. Kuah coto manggala punya warna putih bening.

Ilustrasi singkong, bahan utama coto manggala dari Pangkalan Bun. SHUTTERSTOCK/WAWAN CAHYANA Ilustrasi singkong, bahan utama coto manggala dari Pangkalan Bun.

Nama tersebut mencerminkan sajian dari Pangkalan Bun yang merupakan soto dengan bahan utama singkong.

Selanjutnya, coto manggala juga terdiri dari kaki ayam yang telah dipotong kecil-kecil ayamnya dan bumbu utamanya adalah bawang bombai.

Singkong diolah dengan diiris bentuk kotak-kotak, seukuran kelereng, lalu direbus hingga menjadi lunak. Kemudian dimasak dengan bumbu seperti bawang putih, merica, dan garam.

Coto manggala yang nikmat terletak pada singkong yang dimasak hingga empuk. Sehingga tekstur lembutnya akan berbaur dengan kuah yang gurih.

Baca selengkapnya pada laman Kompasiana.com pada artikel berjudul "Sedapnya, Coto Manggala Kuliner Pangkalan Bun". (Penulis: Muhammad Irsani)



Sumber Kompasiana
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X