Kompas.com - 24/08/2020, 16:06 WIB
Ilustrasi nasi bakar sarden. SHUTTERSTOCK/HAPELINIUMIlustrasi nasi bakar sarden.

KOMPAS.com - Bosan akan terasa jika setiap kali makan sarden kalengan dengan rasa yang sama saja. Namun jangan khawatir, kamu bisa memasak sarden menjadi hidangan yang spesial untuk keluarga.

Baca juga: Lauk Sahur Para Pendiri Bangsa Saat Susun Teks Proklamasi, Ini Sejarah Sarden

Sajian ini bermodalkan nasi dingin, sarden, kemangi, dan cabai. Bahan yang dapat kamu temukan di dapur rumahmu tersebut bisa menyulap sarden kalengan biasa menjadi sepiring nasi bakar.

Dalam buku "Seri Jadi Koki Sekejap - Masak Sajian dari Kornet & Sarden dalam Waktu 30 Menit" (2013) oleh Lilly T. Erwin penerbit PT Gramedia Pustaka Utama, membagikan resep nasi bakar sarden. Berikut resepnya :

Resep nasi bakar sarden

Bahan :

  • 300 gram nasi putih dingin
  • 1 kaleng kecil sarden, pisahkan ikan dari sausnya, tiriskan
  • 4 buah cabai rawit merah, iris
  • 1 sdm daun kemangi
  • 1/2 garam halus
  • 2 lembar daun pisang, layukan sejenak di atas api

Cara membuat nasi bakar sarden

1. Bentangkan daun pisang di atas talenan. Isi dengan nasi matang 1/2 bagian, lalu ratakan permukaannya.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Tak Cuma Wangi, Ini Keuntungan Bungkus Makanan dengan Daun Pisang

2. Beri nasi dengan 1/2 bagian sarden yang sudah ditiriskan, susun memanjang dan taburi sarden dengan irisan cabai rawit merah dan daun kemangi. Kalau suka cita rasa asin dapat ditambahkan dengan garam secukupnya.

3. Gulung nasi seperti lontong, kemudian tekan-tekan bagian kedua ujung agar nasi masuk ke dalam.

4. Panggang di dalam wajan atau teflon atau baking pan selama 10 menit sambil dibolak-balik. Angkat dan nasi bakar sarden siap disajikan.

Buku "Seri Jadi Koki Sekejap - Masak Sajian dari Kornet & Sarden dalam Waktu 30 Menit" (2013) oleh Lilly T. Erwin penerbit PT Gramedia Pustaka Utama, bisa dibeli di toko buku online Gramedia.com.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X