3 Beda Roti Tawar Biasa dengan Roti Gandum, Seperti Apa?

Kompas.com - 24/08/2020, 14:06 WIB
Ilustrasi beragam jenis roti. SHUTTERSTOCK/TAMAKHIN MYKHAILOIlustrasi beragam jenis roti.

KOMPAS.com – Terdapat roti gandum dan roti tawar yang biasa beredar di pasaran, keduanya terbuat dari biji gandum. Namun, biasanya label roti gandum akan ditulis “gandum utuh”.

Baca juga: Resep Roti Tawar Tanpa Oven, Cukup Pakai Panci

Rupanya walaupun dari bahan dasar yang sama, terdapat sejumlah perbedaan antara roti tawar biasa dengan roti gandum. Mulai dari proses pembuatan sampai kandungannya.

Apa saja perbedaan kedua roti tersebut? Simak ulasan berikut.

1. Penggunaan tepung dan proses pembuatannya

Ilustrasi roti gandum terbuat dari biji gandum utuh. SHUTTERSTOCK/BRENT HOFACKER Ilustrasi roti gandum terbuat dari biji gandum utuh.

Melansir Live Strong, kata “utuh” pada label roti gandum menunjukkan bahwa biji gandum yang digunakan sebagai bahan dasar tepungnya belum dimurnikan atau dilucuti dari lapisan luarnya.

Dengan kata lain, tepung gandum untuk membuat roti gandum mengandung ketiga bagian biji-bijian: dedak/kulit (lapisan luar), bagian lembaga/germ (bagian paling dalam) dan endosperma (bagian bertepung) dengan proporsi yang sama seperti saat tumbuh di ladang.

Berbeda dengan tepung untuk roti tawar, biji gandum sebagai bahan dasar tempungnya sudah mengalami pemurnian atau dikenal dengan gandum putih/olahan yang hanya menggunakan bagian endosperma pada biji gandum.

2. Biasa dikonsumsi sebagai apa?

Roti tawar dan roti gandum bisa dimakan pakai apa saja, baik untuk camilan sampai hidangan pendamping pada sop kental ala Eropa.

Melansir Oh My Veggies, roti tawar punya kelebihan sendiri dari roti gandum. Roti tawar punya rasa yang lebih enak dan gampang ditemukan di pasaran.

Oleh karena itu, roti tawar sering dipakai untuk aneka masakan baik di rumah, restoran maupun toko roti.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X