Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Hilangkan Bau Amis Ikan dari Tangan dan Talenan, Ikuti Langkah Ini

Kompas.com - 23/08/2020, 15:48 WIB
Nine Fridayani,
Yuharrani Aisyah

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Ikan adalah salah satu bahan makanan yang bisa meninggalkan jejak bau khasnya ketika diolah. Bau ikan kerap kali menempel di tangan dan juga peralatan memasak seperti talenan.

Baca juga: Cara Mudah Bersihkan Kerang dan Hilangkan Bau Amis

Jangan risau, ada cara untuk menghilangkan bau ikan pada talenan dan tanganmu. Melansir Good Housekeeping, berikut caranya.

Cara hilangkan bau ikan di tangan

1. Gunakan pasta gigi

Trik ini direkomendasikan oleh ahli restoran seafood.

Setelah mengolah ikan, olesi tangan dengan pasta gigi dan gosok tangan keseluruhan, dari telapak dan punggung tangan. Kemudian bilas dengan air hangat. Tangan akan beraroma lebih segar.

2. Cuci tangan dengan air dingin dulu

Jika kamu memilih mencuci tangan yang amis dengan air hangat dahulu, itu salah besar! Cara seperti itu justru akan membuat bau amis pada tangan semakin kuat.

Cara yang benar adalah cuci tangan dengan air dingin dahulu, kemudian cuci tangan dengan air sabun hangat. Cara ini akan berhasil menghilangkan bau yang menempel di tangan.

3. Usap tangan ke sink stainlees steel

Gosok kedua telapak tangan selama lima detik di wastafel baja (stainlees steel sink). Lalu cuci dengan sabun dan air hangat untuk menghilangkan bau amis.

Ilustrasi ikan sedang difillet. SHUTTERSTOCK/PRARINYA Ilustrasi ikan sedang difillet.

Cara menghilangkan bau ikan dari talenan

1. Cuci saja dengan air dingin

Selama ini banyak orang yang menggunakan air lemon untuk menghilangkan bau amis pada talenan. Ternyata, kamu tidak perlu repot-repot menggunakan lemon.

Cukup cuci talenan dengan air panas dan sabun lalu bilas dengan air dingin. Bau amis akan hilang.

2. Cairan sterilisasi peralatan bayi

Cara sederhana lain untuk menghilangkan bau amis pada talenan yaitu cairan sterilisasi. Gunakan cairan sterilisasi yang biasa digunakan untuk botol susu bayi, makan sisa bau amis pada telanan akan hilang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com