6 Cara Bersihkan Kerak Panci Gosong, Pakai Lemon sampai Baking Soda

Kompas.com - 19/08/2020, 17:17 WIB
Ilustrasi kerak panci gosong. Kerak gosong dapat dibersihkan menggunakan baking soda dan cuka. SHUTTERSTOCK/SINGERGMIlustrasi kerak panci gosong. Kerak gosong dapat dibersihkan menggunakan baking soda dan cuka.

KOMPAS.com – Terkadang, akibat keteledoran atau cara memasak yang salah bisa membuat panci atau wajan menjadi gosong. Akibatnya, panci jadi kurang enak dipandang bahkan fungsinya bisa berkurang untuk memasak makanan.

Baca juga: Cara Bersihkan Kompor Gas agar Kerak Hilang, Jadi Kinclong

Rupanya kerak panci atau wajan gosong dapat dibersihkan menggunakan bahan dapur, mulai dari lemon sampai baking soda.

Berikut 6 cara membersihkan kerak panci dan wajan gosong dilansir dari The Kitchn dan Daily Mail, sangat mudah dipraktikkan di rumah.

Ilustrasi cara membersihkan kerak panci gosong pakai air panas. SHUTTERSTOCK/THAMKC Ilustrasi cara membersihkan kerak panci gosong pakai air panas.

1. Gunakan air panas untuk menghilangkan kerak gosong

Jika panci baja tahan karat atau enamel punyamu gosong, hilangkan bekas gosong dengan merebus air sampai mendidih di dalam panci yang sudah dipanaskan terlebih dahulu.

Kemudian gunakan sendok kayu untuk mengikis area yang terbakar.

2. Gosok panci dengan detergen pencuci piring

Ternyata, detergen bubuk khusus piring bagus digunakan untuk mencuci dengan tangan, selain dari sekadar dengan mesin pencuci piring.

Dalam hal ini, termasuk untuk menghilangkan noda gosong pada panci. Caranya, cukup isi panci dengan sedikit air dan hangatkan dengan api kecil.

Kemudian, angkat panci dari api dan gosok detergen pada bagian yang terbakar. Bilas dan cuci dengan air sabun hangat.

Ilustrasi cara membersihkan kerak panci gosong pakai air sabun hangat. SHUTTERSTOCK/JOJO PHOTOS Ilustrasi cara membersihkan kerak panci gosong pakai air sabun hangat.

3. Rendam kain pengering

Lembaran kain pengering pakaian bisa digunakan untuk menghilangkan kerak gosong pada panci.

Isi panci dengan air hangat, rendam kain pengering dan tunggu beberapa jam sampai air berubah keruh. Kemudian gosok panci dengan kain tersebut dan bilas dengan air.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X