Kompas.com - 18/08/2020, 08:07 WIB
Ilustrasi mi goreng Shutterstock/Natalia LisovskayaIlustrasi mi goreng


KOMPAS.com – Memasak mi goreng mungkin terkesan sederhana. Namun jika salah langkah, bisa saja mi goreng yang kamu masak jadi tak sempurna karena menggumpal dan putus-putus.

Untuk membuat mi goreng yang punya tekstur serta bentuk sempurna, berikut ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan seperti disampaikan oleh Executive Chef The Grove Suite by Grand Aston, Agung Budiharto:

Baca juga: 4 Trik Masak Nasi Goreng Agar Nasi Tak Lengket dan Menggumpal

1. Jangan rebus mis terlalu matang

Agar mi tak gampang putus, sebelum digoreng dengan bumbu lainnya mi sebaiknya direbus tidak sampai benar-benar matang sempurna.

“Masak mi dengan menggunakan air panas dan jangan terlalu lama atau overcook. Cukup 80 persen tingkat kematangan lalu angkat,” kata Agung pada Kompas.com, Minggu (16/8/2020).

2. Gunakan sedikit minyak setelah mi direbus

Setelah mi yang direbus diangkat dan ditiriskan, beri sedikit minyak sayur agar mi tidak menggumpal ketika digoreng.

Baca juga: Resep Nasi Mawut, Menu Sarapan Praktis buat Pencinta Nasi dan Mi Goreng

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tuang minyak ke dalam mi, lalu aduk hingga rata. Sambil diaduk, proses memasak dari pada mi akan terus berlangsung hingga mi matang sempurna.

3. Gunakan api sedang 

Nasi goreng dan m goreng legendaris dari Bandung ini sudah berdiri sejak tahun 1950. Hingga kini masih bertahan dan menjadi buruan para penggemarnya.KOMPAS.com/RENI SUSANTI Nasi goreng dan m goreng legendaris dari Bandung ini sudah berdiri sejak tahun 1950. Hingga kini masih bertahan dan menjadi buruan para penggemarnya.

Kemudian panaskan wajan dan minyak, lalu masukkan bumbu dan telur lalu aduk rata. Setelah itu masukkan sayurannya dan masak hingga matang.

Setelah sayuran matang, baru masukkan mi yang sudah dilumuri minyak sayur tadi. Beri garam dan lada untuk perasa, juga kecap lalu aduk hingga rata.

“Gunakan api sedang agar tidak gosong,” pungkas Agung.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.