4 Makanan Identik dengan Hari Kemerdekaan RI, Ada Tumpeng dan Sarden

Kompas.com - 17/08/2020, 11:12 WIB
Nasi Tumpeng Kuning biasa selalu disajikan setiap ada perayaan. KOMPAS.com / NI PUTU DINANTYNasi Tumpeng Kuning biasa selalu disajikan setiap ada perayaan.

KOMPAS.com  - Peringatam Hari Kemerdekaan Republik Indonesia, tak lengkap jika tak dirayakan dengan makanan.

Uuniknya beberapa makanan, identik dengan pengingatan Hari Kemerdekaan RI

Ada makanan yang memang biasa saat hajatan, lomba peringatan kemerdekaan, sampai makanan yang disantap oleh pendiri bangsa sebelum mengumumkan Kemerdekaan RI pada 1945. 

Baca juga: 20 Jajanan dengan Promo 17 Agustus 2020, Ada Chatime sampai BreadTalk

Selain makanan di atas ada juga nasi goreng dan sarden sebagai makanan sahur untuk para tokoh penyusun teks proklamasi saat 17 Agustus 1945 dini hari.

Berikut empat makanan yang identik dengan Hari Kemerdekaan RI:

1. Nasi tumpeng

Nasi tumpeng punya makna sebagai representasi antara hubungan manusia dengan Tuhan dan manusia dengan sesamanya.

Hal itu berkaitan dengan nasi tumpeng yang berbentuk kerucut jadi representasi dari puncak gunung atau konsep Ketuhanan.

Tercatat dalam Kitab Tantupanggelaran (kitab dari zaman Majapahit) diceritakan saat Pulau Jawa berguncang, Batara Guru dalam konsep Hindu memerintahkan membawa puncak Mahameru di India untuk menstabilkan Pulau Jawa dan jadilah Gunung Semeru di Jawa Timur.

Baca juga: Filosofi Tumpeng, Representasi Hubungan Manusia yang Dalam

Puncak Mahameru itu yang kemudian dipercaya jadi letak para Dewa. Manusia pun memahami konsep Ketuhanan sebagai sesuatu yang besar dan tinggi, serta berada di puncak, seperti halnya puncak gunung.

Pengertian di atas menjelaskan jika nasi tumpeng dianggap menjasdi simbol sujud syukur, merayakan sesuatu, dan permohonan terhadap Tuhan.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X