Kompas.com - 13/08/2020, 22:01 WIB
Ilustrasi nasi goreng bumbu iris. Dok. Sajian SedapIlustrasi nasi goreng bumbu iris.


KOMPAS.com – Memasak nasi goreng mungkin terkesan mudah. Namun kadang kala nasi bisa jadi lengket dan menempel pada wajan. Nasi bahkan bisa menggumpal ketika digoreng.

Executive Chef The Groves Suites by Grand Aston, Agung Budiharto memberikan beberapa trik khusus agar nasi tak lengket dan tak menggumpal ketika digoreng dalam program #MasakdiRumahAja di Live Instagram @kompas.travel, Rabu (12/8/2020).

Baca juga: Resep Nasi Goreng Penjajah, Warna Merah Pakai Buah Naga

1. Jangan gunakan nasi lembek

Nasi goreng yang menggumpal selain terlihat tak menarik, rasanya juga akan berbeda karena bumbu tak tersebar merata.

Ada beberapa trik yang bisa kamu lakukan untuk menghindari hal itu. pertama adalah pastikan untuk menggunakan nasi yang tidak lembek.

Nasi dingin dan agak pera bisa dengan mudah dimasak tanpa menggumpal.

Agar tak mendapatkan nasi lembek, itu bergantung pada proses memasaknya. Jangan memasukkan terlalu banyak air ketika memasak nasi.

Baca juga: Resep Hutspot, Sayuran Khas Belanda Cocok Dimakan dengan Nasi Goreng

“Masak nasi untuk nasi goreng tidak boleh terlalu banyak air. Kira-kira di bawah ruas jari telunjuk kita agar bisa menghasilkan nasi yang bagus untuk nasi goreng,” kata Agung pada Kompas.com, Kamis (13/8/2020).

2. Beri sedikit minyak

Cara kedua yang bisa kamu lakukan agar nasi tak menggumpal ketika digoreng adalah dengan menambahkan sedikit minyak pada nasi sebelum dimasak lalu diaduk rata.

Jangan terlalu banyak, karena nasi goreng yang terlalu berminyak jadi tak enak. 

Ilustrasi nasi goreng Jawa. SHUTTERSTOCK/ARIYANI TEDJO Ilustrasi nasi goreng Jawa.

3. Wajan harus panas

Lalu saat proses memasak, untuk menghindari nasi lengket pada wajan kamu harus memastikan wajan harus benar-benar panas terlebih dahulu sebelum mulai memasak.

Halaman:
Baca tentang


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X